Cara Budidaya Jangkrik dengan Modal yang Kecil dan Mendapatkan Hasil yang Besar

5 min read

cara budidaya jangkrik

Di era yang sudah serba modern ini justru hal kecil seperti cara budidaya jangkrik semakin dikembangkan. Tujuannya untuk menunjang perekonomian masyarakat dalam menghadapi zaman yang serba canggih saat ini.

Binatang yang besarnya hanya sebiji kurma ini merupakan jenis serangga yang memiliki sayap dan dapat mengeluarkan suara yang khas.

Serangga ini juga sering aktif pada saat malam hari. Jangkrik berasal dari bahasa latin yaitu Gryllidae yang memilki arti yang sama. Saat ini jangkrik telah ramai dibudidayakan keberadaanya oleh masyarakat di Negara Kita.

Hasil panen jangkrik akan dijual dan digunakan sebagai sumber pakan binatang peliharaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Pemilihan Tempat untuk Kandang Jangkrik

cara budidaya jangkrik - lokasi budidaya jangkrik
pixabay

Dalam pelaksanaan cara budidaya jangkrik ini yang paling penting dan harus dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan lokasi. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan kandang yang akan digunakan untuk proses budidaya jangkrik.

Pemilihan lokasi dan persiapan kandang adalah hal utama yang harus diperhatikan, karena 2 hal ini sangat penting untuk menunjang hasil akhir ternak.

Jadi modal utama agar berhasilnya usaha budidaya jangkrik adalah mencakup 2 hal tadi yaitu, pemilihan lokasi kandang dan kandang itu sendiri.

Untuk penentuan lokasi yang akan digunakan, dianjurkan untuk membuatkan sebuah rumah/gubuk sederhana. Hal tersebut disesuaikan dengan lingkungan hidup jangkrik yang menyukai tempat yang sepi dan gelap.

Sahabat Biru juga dapat memanafaatkan ruangan kosong yang ada dirumah untuk dijadikan kandang jangkrik. Cara ini bisa lebih menghemat biaya budidaya jangkrik dan lebih mudah dalam penanganannya karena tempatnya mudah diakses.

Memang lokasi budidaya jangkrik sangatlah harus diperhatikan kenyamanan dan keamanan jangkrik dari para pemangsa.

Menjaga Suhu

cara budidaya jangkrik - menjaga suhu jangkrik
pixabay

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum menjalankan usaha ternak jangkrik adalah, suhu lingkungan. Jangkrik tidak tahan terhadap suhu yang dingin, akibatnya akan mudah mati dan tidak dapat bertumbuh dengan optimal.

Jangkrik juga tidak tahan dengan suhu cukup panas, jika suhu terlalu panas jangkrik akan mudah mati karena kekeringan.

Jadi dalam menentukan lokasi kandang jangkrik ini di setiap daerah selalu berbeda-beda tergantung suhu daerahnya. Dalam pemilihan lokasi di semua daerah pasti berbeda, semua ini dikarenakan suhu yang berbeda.

Jangkrik menyukai suhu yang tidak panas dan dingin, jika lokasi kandang seperti ini maka pertumbuhan jangkrik akan optimal dan juga rasio kematian menurun.

Jadi untuk membuat kandang yang nyaman, berilah busa yang dibasahi dengan air untuk daerah yang bersuhu panas. Untuk daerah yang bersuhu dingin berikan penghangat dari lampu bohlam 5W.

Persiapan kandang

kandang jangkrik
abahtani.com

Setelah dipastikan di mana lokasi untuk rumah box jangkrik, selanjutnya adalah menentukan model kandang yang cocok dengan karakter lingkungan jangkrik. Hal tersebut beralasan karena secara garis umum jangkrik merupakan binatang serangga musiman.

Populasi jangkrik ini tidaklah selalu ada pada setiap musim, namun hanya pada musim tertentu. Ketika menjelang musim penghujan adalah musim terbaik untuk populasi jangkrik.

Pembuatan Rumah/Gubuk

bagaimana membangun rumah jangkrik yang aman dari hembusan angin langsung dan aman dari pemangsa?

Untuk Sahabat Biru yang tidak memungkinkan mempunyai lahan untuk membangun sebuah gubuk maka dapat mencari lokasi mana saja,tentunya bersuhu stabil.

Cara Membuat Rumah/Gubuk Kandang Jangkrik yang Benar dan Hemat :

  • Untuk menghemat pengeluaran biaya awal, area dasar gubuk jangkrik cukup dengan tanah, asalkan tidak becek.
  • Usahakan posisi dasar kandang lebih tinggi, hal ini untuk mengantisipasi air masuk di saat musim penghujan.
  • Untuk tipe gubuk yang semi batako yaitu bagian bawah cukup dengan 1,5 meter batako, dan di atasnya diberi asbes dan angin-angin. Bisa lebih hemat jika dinding gubuk jangkrik dapat menggunakan asbes dengan ketinggian minimal 2 meter.
  • Bagian atap gubuk jangkrik usahakan menggunakan asbes saja. Asbes sangat bagus menjaga suhu karena sifatnya yang meresap panas.
  • Tinggi gubuk jangkrik ini buatlah hanya sekitar 2–4 meter, hal ini bertujuan agar tidak banyak ruang yang dapat menimbulkan suhu dingin di dalam rumah jangkrik.
  • Jika gubuk untuk tempat box jangkrik sudah clear, maka selanjutnya membuat box jangkrik yang sesuai dengan kriteria interior gubuk jangkrik. Buatlah senyaman mungkin dengan ukuran yang tepat, dan ukuran ini tentunya menyesuaikan ruangan yang ada di dalam gubuk yang telah dibuat.

Pembuatan Box Jangkrik

Dalam tahap ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. pada dasarnya kita di sini hanyalah dituntut untuk membuat sebuah desai box jangkrik berbentuk kotak seperti halnya sebuah peti.

Box dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat di toko-toko bangunan terdekat. Box ini dibuat serapat mungkin agar jangkrik tidak dapat keluar dari dalam box, untuk lebih baiknya oleskan lem kayu pada setiap sudut sambungan triplek.

Cara Membuat Box Jangkrik:

  • Siapkanlah kayu reng (kayu yang dibuat untuk memasang genteng di atap rumah), fungsi kayu reng ini adalah untuk membuat kerangka pada box jangkrik. Kayu reng banyak di jual di toko bangunan/toko kayu.
  • Untuk membuat dinding box maka dapat menggunakan triplek saja agar lebih hemat, jika ingin dengan kualitas super dapat menggunakan papan kayu yang keras seperti jati.
  • Segera siapkan paku secukupnya (paku reng) dan (paku kecil), paku reng untuk merakit kerangka dan paku kecil untuk menempelkan triplek pada kerangka box.
  • Persiapkan juga semen putih atau lem kayu, bahan ini digunakan untuk menutup celah di setiap sudut box. Biasanya jangkrik akan kabur jika terdapat lubang.
  • Siapkan lakban yang berwarna coklat bening, biasanya digunakan untuk melakban kardus. Lakban coklat ini nantinya berguna untuk memplaster bagian atas box agar jangkrik tidak bisa merayap keatas dan keluar. Lakban jenis ini bersifat licin sehingga kaki jangkrik tidak dapat menempuhnya.

Pembuatan Penutup Box Jangkrik

  • Persiapan bahan selanjutnya adalah membuat penutup pada bagian atas box, penutup ini dapat menggunakan waring/jaring ikan. Fungsi penutup ini adalah untuk mencegah jangkrik agar tidak dimakan pemangsa yang masuk ke dalam box. Ingat jangkrik adalah makanan istimewa binatang-banatang seperti cicak, tokek, tikus, kucing, ayam dan lain sebagainya.
  • Jangan buat penutup yang menutupi seluruh bos, sirkulasi udara harus tetap normal agar membuat suhu stabil.
  • Selanjutnya diperlukan pecahan bambu yang sudah disisiki (dihaluskan), bambu ini berfungsi sebagai kerangka waring agar kaku dan mudah di gunakan untuk menutup box.
  • Bahan terakhir adalah terpal/plastik tebal. Terpal digunakan untuk menutup kandang jangkrik pada saat suhu dingin. Buatlah kerangka bambu agar tutup terpal mudah digunakan.
  • Jangan lupa siapkan alat pertukangan seperti gergaji, palu, meteran, dan alat yang lain jika di perlukan.

Persiapan Bibit Jangkrik

Induk jangkrik yang baik dan berkualitas adalah induk jangkrik yang ditangkap dari alam bebas. Pada umumnya induk jangkrik yang berasal dari alam bebas ini memiliki katahanan tubuh yang lebih kuat daripada induk jangkrik yang berasal dari kandang.

Memang hal ini cukup sulit untuk dilakukan, jadi Sahabat Biru perlu membeli induk jangkrik yang betina ini dengan membelinya di pasar peternakan.

Namun, untuk indukan jangkrik yang jantan sangat disarankan berasal dari alam bebas. Jangkrik jantan yang berasal dari alam bebas ini akan lebih agresif sehingga dapat membantu perkembangbiakan jangkrik yang begitu cepat. Jadi dapat membuat Anda panen lebih cepat nantinya.

Cara Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrik
www.rajajangkrik.com

pada tahap ini saya akan memberitahu cara-cara pemelihaaraan sampai pemanenan, tahapannya sebagai berikut:

Pemeliharaan Jangkrik

Untuk menjaga adanya zat-zat yang dapat menjadi racun bagi jangkrik-jangkrik, ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu kandang jangkrik agar zat-zat racunnya hilang.

Setelah kandang bersih, lalu olesi kandang dengan lumpur sawah, Karena lumpur sawah dapat menyerap zat-zat racun dari kandang. Ingatlah untuk meletakkan kaki kandang ke atas mangkuk yang berisi air.

Pada umumnya, perkembangbiakan jangkrik dilakukan dengan cara mengawinkan antara jangkrik induk betina dan jangkrik induk jantan. Pertumbuhan jangkrik cukup sederhana, karena metamorfisis jangkrik sama dengan belalang yaitu metamorfisis tidak sempurna.

Bertelurnya pun ada yang secara alami dan ada juga secara Caesar.

Namun, sangat disarankan untuk tidak Caesar, karena Caesar dapat memberikan peluang kematian pada si betina dan daya tetas pada telur sangatlah rendah.

Menetaskan Telur

  • Langkah pertama adalah persiapan wadah atau kotak untuk sarang jangkrik yang biasanya terbuat dari triplek dan ada juga yang mengunakan kardus untuk kotak jangkrik
  • Tebar telur jangkri di atas koran atau yang lainya, koran ini digunakan untuk tempat jangkrik bersembunyi. Beri alas kertas atau teriplek apabila menebar telur jangkrik.
  • Tutupi telur jangkrik yang diterbar tadi dengan kain basah untuk menjaga kelembaban
  • tunggu satu sampai tiga hari jangkrik akan menetas seluruhnya.

Pemeliharaan Kandang

  • Tak hanya merawat jangkrik, kandangnya pun juga perlu dirawat agar jangkrik dapat nyaman hidup dalam kandang tersebut. Silahkan Anda ganti mangkuk yang buat tatakan kaki kandang setiap 2 hari sekali. Anda pun juga perlu memperhatikan kelembaban kandang.
  • Dalam merawat jangkrik, jangkrik yang sudah dikeluarkan dari kotak penetasan berusia 10 hari harus benar-benar diperhatikan makanannya. Karena pada masa usia tersebut, jangkrik dapat tumbuh dengan pesatnya. Jika makanannya kurang, maka nantinya akan dapat mengakibatkan anakan jangkrik menjadi kanibal dengan memakan anakan yang lemah.

Pemberian Pakan

  • Sahabat Biru bisa menggunakan voor atau makanan ayam untuk jangkrik yang berusia 1 sampai 10 hari. Sahabat Biru bisa menggunakan voor yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah dan jagung kering yang sudah dihaluskan.
  • Sahabat Biru bisa menggunakan pakan jangkrik ini dengan menggunakan ubi, sayuran, singkong, atau dedaunan yang diberikan secara rutin dan selang-seling setiap harinya.
  • Setelah jangkrik melewati fase tersebut, Sahabat Biru mulai bisa menggunakan pakan jangkrik berupa sayuran, jagung muda, dan gambas. Tapi, untuk jangkrik yang siap dikawinkan, hendaknya diberi makanan berupa sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, daun singkong atau ketimun. Intinya gunakan makanan yang mengandung banyak air.

Pemanenan

Jika dipikir-pikir, sebenarnya budidaya jangkrik ketika panen, kita dapat memperoleh dua keuntungan. Yaitu, telur yang dapat dijual ke peternak jangkrik yang lainnya dan jangkrik dewasa yang dijadikan pakan burung atau ikan.

Tapi ingat, jangan dijual semuanya, karena agar kita bisa terus melanjutkan bisnis ini tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar lagi.

Kini saatnya Sahabat Biru memanen dengan modal seminim mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin dari budidaya jangkrik. Sahabat Biru tak perlu khawatir, jika masih pemula. Cara budidaya jangkrik di atas sangatlah mudah diterapkan oleh siapapun.

%d blogger menyukai ini: