Tips & Cara Memandikan Kelinci Dengan Mudah di Rumah

3 min read

cara memandikan kelinci

Seperti yang kita ketahui sebagian kelinci dapat memandikan dirinya sendiri dengan cara menjilat menggunakan lidahnya. Tapi lidahnya tidak dapat menjangkau seluruh bagian tubuhnya.

Sering kali ditemukan kelinci yang duduk di kotak kotoran sehingga mengotori bulu-bulunya yang sulit dibersihkan oleh mereka sendiri.

Jadi, apakah kelinci perlu dimandikan?

Apakah kelinci bisa dimandikan?

Kedua jawaban dari pertanyaan tersebut adalah YA kelinci perlu dimandikan dan kelinci juga bisa dimandikan. Tapi tergantung bagaimana cara kita memandikan kelinci.

Ada beberapa kejadian dimana ketika memandikan kelinci dengan cara yang salah, dapat membuat si kelinci itu sakit bahkan sampai mati.

Berikut cara memandikan kelinci yang baik dan benar.

Peralatan dan Perlengkapan Memandikan Kelinci

cara memandikan kelinci-peralatan mandi kelinci
pixabay

Sebelum memandikan kelinci, tentunya kita memerlukan peralatan untuk memandikannya. Peralatan yang digunakan bisa dibilang masih terjangkau dan mudah ditemukan.

Sebenarnya kita bisa membawa kelinci kita ke Pet Shop yang menyediakan jasa memandikan hewan peliharaan. tapi harga untuk menggunakan jasa itu tidaklah murah,

Kita perlu merogoh kocek yang cukup tinggi dalam sekali memandikan kelinci. Di artikel ini saya akan memberikan cara memandikan kelinci dengan peralatan yang ada di rumah.

Peralatan yang harus disiapkan antara lain:

  1. Dua wadah mandi untuk bayi atau ember lebar.
  2. Air hangat kuku setinggi setengah badan kelinci.
  3. Kapas
  4. Perlak bayi.
  5. Shampo anak kucing atau shampo bayi.
  6. Handuk kering dan bersih.
  7. Hair dryer.
  8. Sisir
  9. Bedak anak kucing atau bedak bayi.
  10. Cotton bud.
  11. Baby oil.
  12. Gunting kuku.
  13. Cologne bayi.

Perlengakapan tersebut masih mudah untuk ditemukan di toko-toko terdekat, dan harganya pun masih terbilang murah. Jadi lebih baik memandikan kelinci di rumah dari pada di Pet Shop. memandikan kelinci di rumah juga bisa membuat hubungan kita dengan kelinci semakin dekat.

Setelah semua peralatan dan perlengkapan sudah siap, senjutnya adalah langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Memandikan Kelinci

cara memandikan kelincilangkah memandikan kelinci
prelo.co.id
  1. Tutup telinga kelinci dengan kapas untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga, jangan terlalu dalam agar mudah dibuka dan dicabut kembali.
  2. Pegang punduk kelinci dengan cengkraman tangan yang kuat, tangan yang satunya memegang punggung bawah atau ekor kelinci. Ingat cengkraman kita jangan sampai membuat si kelinci kesakitan.
  3. Posisikan kelinci membelakangi Sahabat Biru, tujuannya adalah agar tidak terkena cakarannya jika sewaktu-waktu kelincinya berontak.
  4. Lalu, masukkan kelinci kedalam wadah yang berisi air hangat-hangat kuku, jangan terlalu hangat. Air jangan sampai masuk ke hidung dan telinga.
  5. Masukkan perlahan-lahan, jangan paksa kelinci jika memang menolak dengan keras.
  6. Usapkan air dari arah belakang ke depan sambil sedikit dipijat-pijat supaya air meresap sampai ke kulit.
  7. Angkat dan letakkan kelinci diatas perlak bayi.
  8. Lakukan keramas dengan shampo kitten atau shampo bayi. Berikan sedikit pijatan agar shampo sampai ke kulit. Jangan sampai melewatkan bagian tubuh kelinci yang mudah kotor seperi telinga, telapak kaki, dan anus. Usap dengan hati-hati.
  9. Masukkan kembali kelinci ke dalam wadah untuk dibilas, pastikan busa-busa shampo hilang semua.
  10. Lalu, pindahkan dan masukkan ke wadah yang lain yang telah dipersiapkan. Guyur dan bilas kembali hingga bulu dan kulit kelinci betul-betul bersih dari sisa-sisa shampo.

Disarankan memandikan kelinci dengan dua orang. Ketika hendak mandikan kelinci disarankan minta bantuan teman atau anggota keluarga lain jika memungkinkan, karena cara ini lebih efektif.

Satu orang memegang kelinci agar kelinci tidak terpeleset dan melukai dirinya sendiri, sementara yang lain menggunakan washlap atau sikat lembut untuk memandikan kelinci.

Keringkan Badan Kelinci

  1. Angkat kelinci dan tiriskan dengan handuk yang bersih. Upayakan hingga cukup kering agar tidak masuk angin, baru kemudian digunakan hair dryer agar benar-benar kering sambil disisir. Jangan lewatkan lipatan kaki, telinga dan bagian perut, semuanya harus kering.
  2. Bersihkan lubang telinga kelinci dengan cutton bud yang telah dibasahi dengan baby oil. Bersihkan dengan hati-hati dan jangan terlalu dalam.
  3. Lalu, potong kuku tetapi jangan terlampau pendek agar tidak melukai jari.
  4. Rapikan dan potong bulu pada bagian tertentu. Apalagi, untuk kelinci berbulu lebat. Seperti pada sekitar mata agar tidak menghalangi pandangan. Pada bagian kaki agar tidak menghambat pergerakan kaki dan pada daerah anus supaya bulu tidak kotor saat buang kotoran maupun air seni.
  5. Terakhir, taburi dengan bedak bayi. Boleh juga diusap dengan cologne bayi agar kelinci Anda menjadi harum dan wangi.

Mengeringkan Badan Kelinci Tanpa Hair Dryer

Sifat kelinci berbeda-beda, jika kelinci sangat aktif biasanya ia takut terhadap suara bising, jadi saya akan memberi tahu cara mengeringkan kelinci tanpa hair drayer .

Setelah dibilas angkat kelinci dari ember dengan hati-hati, ajak teman atau anggota keluarga yang lain untuk membantu. Pastikan untuk mengamankan kaki belakangnya sehingga kelinci tidak menendang dengan liar dan mematahkan punggungnya.

Sahabat Biru juga dapat membawanya dengan memegang bagian tengkuk belakang kepalanya.

Keringkan tubuh kelinci dengan handuk dan lilitkan handuk ke tubuhnya agar tidak kedinginan. Bungkus dan tepuk-tepuk tubuhnya secara bergantian dengan handuk sampai benar-benar kering.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam sampai semua bulunya kering.

Perawatan Kelinci

perawatan kelinci
takimzone.com

Setelah dimandikan dan dikeringkan, berilah si kelinci sedikit perawatan, karena kelinci sangat suka dimanjadi. Sisir bulu-bulu tebalnya agar terlihat lebih lurus dan rapih. Jangan lupa berikan ia pijatan manja agar kelinci senang dan nyaman.

Beri Kelinci Hadiah

carrots
pixabay

Yang terakhir

 Selalu berikan kelinci hadiah setelah dimandikan

Hadiah yang diberikan biasanya berupa makanan atau cemilan. Hal ini bertujuan agar si kelinci merasa nyaman ketika dimandikan, dan kelinci tidak susah ketika hendak dimandikan di lain waktu.

Tujuan Memandikan Kelinci

Tujuan dilakukan Grooming atau memandikan yaitu agar bulu mati yang terdapat pada tubuh kelinci bisa hilang dan tersisir. Waktu yang diperlukan hanya butuh 45-60 menit sampai si kelinci benar-benar kering dan wangi.

Hal ini dilakukan untuk merawat rambut agar tidak gimbal (hair ball), terutama kelinci berambut panjang seperti Anggora, American Fuzzy Lop, Lion­, dll.

Setelah dilakukan grooming rambut akan menjadi indah, sehat dan wangi.

Rambut yang panjang perlu dipotong. Bagi kelinci berambut panjang yang belum pernah dicukur, perlu dilakukan pemotongan total. Tak perlu gundul, sisakan 1-2 cm. Rambut akan tumbuh dengan bagus. Satu siklus pertumbuhan rambut kelinci 6-12 bulan. Pencukuran maksimal 2 kali dalam setahun.

Setelah rambut tumbuh bagus, pencukuran total tidak perlu lagi. Cukup rapikan bulu 2-3 bulan sekali.

Pertumbuhan bulu cukup pesat apabila makanannya berkualitas. Pemotongan meliputi area mulut, kaki, dan anus. Agar tidak menganggu waktu makan dan jalan. Juga tidak kotor waktu buang air besar dan kencing.

Tadi adalah langkah-langkah dan peralatan yang harus disiapkan ketika mau memandikan kelinci. Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi Sahabat Biru dan bisa membantu Sahabat Biru dalam merawat kelinci kesayangannya di rumah.

%d blogger menyukai ini: