fbpx

Cara Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak dan Lumut

4 min read

cara membersihkan kaca aquarium kucing aquarium

Saat ini banyak sekali orang yang memiliki hobi memelihara ikan hias, kebanyakan orang memasukkannya ke dalam aquarium. Tapi banyak orang yang belum tahu tentang cara membersihkan kaca aquarium yang benar.

Bagian paling utama dari sebuah aquarium adalah kaca. Kaca aquarium yang bening dan bersih membuat kita semakin mudah untuk menikmati indahnya alam bawah air.

Keindahaan ini bisa hilang jika kaca kita mulai kotor berlumut. Banyak pemilik aquarium yang terlalu malas membersihkan aquarium miliknya, karena pengerjaannya memakan waktu yang lama dan cukup sulit.

Setelah muncul banyak kerak, barulah mereka kebingungan mencari cara membersihkan kaca aquarium. Nah di sini saya akan memberikan tips cara membersihkan aquarium yang mudah.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

cara membersihkan kaca aquarium sidik jari di kaca aquarium
pixabay.com

Rasanya sangat menyenangkan jika rumah kita dihiasi dengan aquarium dan ikan yang cantik di dalamnya. Namun resiko mempunyai sebuah aquarium adalah ketika aquarium itu kotor, kita harus membersihkannya, dan itu sangatlah melelahkan.

Air di aquarium banyak mengandung mineral termasuk dari sisa makanan dan kotoran ikan. Saat air menguap yang ditandai dengan menurunnya permukaan batas air, akan muncul noda putih yang menempel pada kaca bagian dalam.

Jika diabiarkan dalam waktu yang lama, kotoran putih itu akan membentuk kerak yang sulit untuk dibersihkan. Di sisi lain kerak hitam di kaca aquarium disebabkan oleh ganggang ataupun rumput yang kita masukan ke dalam aquarium.

Kaca aquarium memiliki dua sisi, yaitu luar dan dalam. Kedua sisi tersebut bisa dibersihkan dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa cara membersihkan kaca aquarium yang mudah dan murah.

Membersihkan kaca aquarium bagian luar

membersihkan kaca bagian luar
99.co

Bagian luar kaca memang tidak secara langsung bersentuhan dengan air. Namun, bukan berarti kita tidak membersihkan kaca bagian luar.

Walaupun tidak terkena air, kaca bagian luar sering tersentuh oleh jari kita yang akhrinya meninggalkan bekas sidik jari. Belum lagi adanya debu, debu juga bisa menjadi faktor kotornya kaca bagian luar.

Bagian luar kaca juga perlu dibersihkan, bisa menggunakan air hangat dengan sedikit campuran cuka di dalamnya. Sahabat Biru dapat menggunakan kain lap halus untuk mengelap permukaan kaca luar tersebut.

Membersihkan kaca bagian dalam

membersihkan kaca aquarium bagian dalam
rumahlia.com

Membersihkan kaca yang di dalam adalah bagian yang cukup sulit. Kita harus memindahkan ikannya terlebih dahulu, menguras airnya, dan proses-proses yang sulit lainnya. Belum lagi kaca bagian dalam yang memiliki kerak sangat susah dihilangkan.

Di sini saya punya beberapa cara membersihkan kotoran yang menempel pada kaca bagian dalam aquarium.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Spons

membersihkan kaca bagian dalam dengan spons
moedah.com

Kerak membandel memang sering bersarang di kaca bagian dalam aquarium. Untuk menghadapi kerak tersebut, Sahabat Biru dapat menggunakan spon pembersih dengan cairan khusus pembersih kaca.

Proses pengerjaannya adalah dengan membuka penutup aquarium. Setelah itu, kuras air yang ada di dalamnya sampai habis.

Setelah ikan dan terumbu karang selesai di relokasi, selanjutnya Sahabat Biru dapat meneteskan cairan pembersih kaca pada spon. Gosokkan spon tadi pada bagian dalam kaca aquarium yang sudah terlebih dahulu dibasahi sebelumnya.

Setelah selesai, jangan lupa bilas kembali dengan menggunakan air bersih dan pastikan residu cairan pembersih hilang supaya kesehatan ikan tetap terjaga.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Jeruk Nipis

jeruk nipis pembersih kaca
pixabay.com

Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pembersih kaca yang murah meriah. Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang baik untuk membersihkan noda kerak. Caranya tidak sulit dan terbilang cukup mudah.

  • Pertama, sama seperti membersihkan kaca aquariaum pada umunya, bilas terlebih dahulu aquarium yang ingin dibersihkan.
  • Setelah itu, gosok-gosok secara perlahan dengan sikat supaya noda kerak sedikit terangkat.
  • Selanjutnya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan ditaburi di area berkerak dengan tambahan bubuk soda kue.
  • Biarkan jeruk nipis bereaksi dalam beberapa saat, baru setelahnya Anda dapat membilas sampai bersih.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Cairan Pembersih

sabun cair pembersih kaca
xasxus.com

Cara yang paling efektif dan paling ampuh adalah menggunakan cairan pembersih kerak kaca khusus aquarium. Memang metode ini tidak gratis, untuk mendapatkan cairan Sahabat Biru harus membeli di toko aquarium.

Cairan pembersih kaca ini umumnya dijual antara Rp50.000-Rp100.000 (tergantung ukuran dan merknya). Merek cairan pembersih kaca aquarium sangatlah banyak, Cairan tersebut bisa Sahabat Biru gunakan untuk kaca bagian dalam maupun luar. Caranya:

  • Siapkan lap, kuas bekas, spons, kain atau sikat gigi.
  • Ambil aquarium lalu pindahkan atau keluarkan aksesoris yang ada di dalam aquarium.
  • Fiber/kaca aquarium dibasahi terlebih dahulu oleh air, lalu diolesi cairan pembersih kaca memakai kuas tadi.
  • Jika cairannya bagus, paling tidak sampai satu menit kerak sudah terangkat.
  • Selanjutnya tinggal disikat menggunakan spons lalu bilas dengan air dingin atau lebih bagus pakai air hangat.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Pasta Gigi

pasta gigi pembersih kaca aquarium
pixabay.com

Bahan lain yang dapat Sahabat Biru gunakan untuk membersihkan kaca aquarium dari kerak adalah pasta gigi. Sebenarnya sudah banyak yang tahu bahwa pasta gigi ampuh untuk membersihkan kaca. Cara yang dilakukan pun cukup sederhana.

  • Siapkan alat-alat pembersih kerak pada kaca aquarium: pasta gigi, spon/sikat, air bersih kalau bisa yang hangat dan handuk lembut/ kain lembut.
  • Berikutnya siram kaca aquarium yang berkerak dengan air bersih yang sudah disiapkan tadi.
  • Lumuri kaca dengan pasta gigi secukupnya saja.
  • Setelah itu dilumuri, ratakan pasta gigi agar menyeluruh ke setiap sudut kaca.
  • Jika sudah rata, tunggu 15-30 menit jangan langsung dibilas. Setelah 30 menit, sikat lagi memakai spon agar hasil lebih maksimal. Bagian pojokan harus diperhatikan.
  • Kemudian siram memakai air hangat.
  • Terakhir tinggal membersihkan sisa-sisa pasta gigi memakai tisu atau handuk halus.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Pembersih lantai

lap lantai pembersih kaca aquarium
pixabay.com

Sebenarnya cara teknik ketiga ini tidak ada bedanya dengan yang, hanya saja beda bahannya. Bahkan yang sudah berwarna hijau bisa terangkat. Merek pembersih keramik sendiri ada banyak, misalnya Prostek, Wipol dan lain sebagainya.

Intinya setelah disiramkan ke kaca jangan langsung dibilas, tapi sikat dulu tunggu sampai 20 menit. Setelah 20 menit di siram lagi dan disikat lagi. Hal ini agar kotoran yang paling sulit bisa terangkat. Dikarenakan baunya sangat tajam, harap dibilas dengan bersih setelah dibersihkan. Pakailah air hangat agar baunya cepat hilang.

Membersihkan Bagian Dalam Dengan Ikan Sapu-sapu

ikan sapu-sapu
99.co

Siapa yang tidak mengenal ikan sapu-sapu? Ikan yang sering disebut dengan ikan bandaraya ini merupakan jenis ikan air tawar. Ikan sapu-sapu tergolong ke dalam jenis keluarga loricariidae.

Ikan sapu-sapu nyatanya berasal dari daerah Amerika tropis. Ikan sapu-sapu akan membersihkan lumut atau kotoran ketika disimpan di dalam aquarium miliki kita, itulah sebabnya diberi nama Ikan Sapu-Sapu.

Bahkan, ikan sapu-sapu sangat menyukai makanan lumut dan alga yang terkadang suka menempel di dinding kaca aquarium. Dengan menggunakan ikan sapu di dalam aquarium Sahabat Biru, dijamin kaca aquarium akan bertahan bersih dan aman dari lumut.

Akan tetapi tetap, Sahabat Biru juga perlu melakukan pembersihan dan pengurasan air secara berskala.

Itulah 6 cara membersihkan kaca aquarium bagian luar dan bagian dalam. Kaca aquarium haruslah selalu dibersihkan secara berkala, agar kebersihan aquarium terjaga.

Jika aquarium selalu bersih, ikan pun akan betah dan tidak stress. Kita juga dapat menikmati keindahan bawah air tanpa terhalang kaca aquarium yang kotor.

%d blogger menyukai ini: