fbpx

11+ Cara Mengusir dan Mencegah kelelawar Masuk Rumah

4 min read

cara mengusir kelelawar

Beberapa dari kita mungkin akan merasa risih atau takut jika kelelawar masuk ke rumah kita. Tapi sebenarnya kita bisa mengusir kelelawar itu dengan cara yang mudah.

Seperti yang kita ketahui kelelawar adalah hewan yang aktif di malam hari sama sepeti musang dan beberapa hewan reptil.

Jika kelelawar masuk ke rumah kita, ditakutkan mereka akan membuang kotoran di mana saja dan membuat rumah kita kotor. Aktivitas kita  pun pasti akan terganggu jika kelelawar ada yang masuk ke dalam rumah.

Maka dari itu, di pembahasan kali ini saya akan membahas beberapa cara mengusir kelelawar dengan cepat dan efektif. Berikut pembahasannya.

Cara Mengusir Kelelawar di Dalam Rumah

Cara mengusir kelelawar ini dilakukan setelah kelelawar sudah masuk atau bersarang di dalam rumah kita. Cara-cara yang akan saya bahas terbilang sederhana, karena masih menggunakan peralatan dan bahan yang  ada di sekitar kita. Berikut cara-caranya:

Memanfaatkan Bau Terasi

terasi
fimela.com

Kita semua tahu bahwa terasi adalah bumbu dapur yang terkenal dengan bau menyengatnya yang khas. Bau dari terasi ini bisa kita manfaatkan untuk mengusir kelelawar dari dalam rumah atau atap kita.

Sahabat Biru bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan di beberapa sudut rumah yang sekiranya sering ditempati oleh kelelawar.

Kelelawar tidak tahan dengan bau terasi yang sangat menyengat, jadi tidak membutuhkan waktu yang lama, kelelawar akan keluar dengan sendirinya.

Menggunakan Sapu Panjang

sapu
pixabay.com

Cara mengusir kelelawar yang selanjutnya adalah menggunakan sapu yang panjang. Sahabat Biru pasti memiliki sapu di rumah, tapi mungkin tidak semuanya berukuran cukup panjang untuk menjangkau langit-langit.

Sahabat Biru bisa mengakalinya dengan cara mengikat sapu pada galah yang panjang, pastikan ikatannya sangat kuat agar tidak terlepas.

Setelah peralatan siap, Sahabat Biru bisa menggunakannya jika suatu saat kelelawar masuk ke dalam rumah dan bertengger di langit-langit. Sapu tersebut tinggal dipukulkan pada kelelawar sampai ia pergi keluar.

Selain untuk mengusir kelelawar, sapu yang telah disiapkan tadi bisa digunakan untuk membersihkan sarang laba-laba.

Cara ini cukup aman untuk kita dan kelelawar, karena kita hanya menakutinya hingga ia terbang keluar.

Menggunakan Suara Katak

suara katak
pixabay.com

Untuk Sahabat Biru yang tidak jijik dan tidak merasa terganggu dengan suara katak, Sahabat Biru bisa mencoba cara ini di rumah.

Faktanya, kelelawar tidak menyukai suara katak dan akan sangat merasa terganggu ketika mendengarnya Karena kelelawar mempunyai pendengaran yang sensitif. Jadi Sahabat Biru bisa menyimpan katak di suatu wadah dan menempatkannya di atap rumah.

Menyemprotkan Racikan

semprotan pengusir kelelawar
pixabay.com

Sebenarnya ada obat atau cairan khusus untuk mengusir kelelawar dalam bentuk semprotan. Obat semprotan ini bernama aerosol, obat ini biasanya banyak dijual di toko-toko pengendali hama.

Semprotan pengusir kelelawar ini akan mengiritasi hidung kelelawar sehingga mereka akan pergi setelah menghirupnya. Menyemprotkan obat ini secara rutin akan menjaga rumah Sahabat Biru dari kunjungan kelelawar.

Selain membelinya di toko dengan harga yang tidak sedikit, Sahabat Biru bisa meraciknya sendiri di rumah.

Baha-bahan yang diperlukan:

  • Semprotan
  • Minyak tanah
  • Racun semut / merica

Campurkan ½ minyak tanah dengan 2 sendok makan racun tikus, lalu diaduk dan masukkan ke dalam semprotan. Jika Sahabat Biru tidak mempunyai racun tikus, Sahabat Biru bisa menggunakkan bahan-bahan yang ada di rumah yaitu merica.

Setelah racikannya siap, cari tempat kelelawar berdiam lalu semprotkan ke tempat tersebut atau bisa langsung diarahkan ke kelelawar.

Mematikan Lampu

mematikan lampu
pixabay.com

Cara yang satu ini sangatlah sederhana. Sahabat Biru tidak perlu menyiapkan alat atau bahan-bahan tertentu untuk mengusir kelelawar. Caranya sahabat Biru hanya perlu mematikan semua penerangan yang ada di rumah, dan setelah dinyalakan kelelawar sudah pergi keluar.

Sedikit catatan, cara ini dilakukan ketika kelelawar baru pertama kali masuk ke dalam rumah dan bukannya ke atap rumah. Jika kelelawar sudah biasa mendiami suatu tempat di rumah kita, cara ini tidak efektif.

Menggunakan Raket Badminton

cara mengusir kelelawar Menggunakan Raket Badminton
pixabay.com

Jika sudah melakukan beberapa cara tapi tetap gagal, cara yang satu ini mungkin sedikit keras dan ekstrim. Pasalnya Sahabat Biru akan sedikit menyakiti mereka.

Sahabat Biru bisa menggunakan raket bekas yang ada di rumah atau membeli yang baru. Jika diharuskan membeli yang baru, saya sarankan belilah yang murah saja agar tidak terlalu menguras biaya.

Setelah malam hari tiba dan raket sudah siap, Sahabat Biru bisa mulai beraksi.  naiklah ke atap rumah dengan membawa senter agar kelelawar tidak mendekati Sahabat Biru.

Pukulkan lah raket ke arah kelelawar yang sedang beterbangan ke sana kemari. Lakukan hal tersebut sampai benar-besar kelelawar terkena pukulan.

Cara ini memang sangat menguras tenaga, karena di tempat sempit yang kedap udara Sahabat Biru harus terus mengayunkan tangan.

Menggunakan Insektisida

semprotan insektisida
news.detik.com

Insektisida adalah cairan beracun yang biasa digunakan untuk mengusir serangga. Sahabat Biru bisa juga menggunakan cairan insektisida ini untuk mengusir kelelawar, karena bau insektisida adalah salah satu bau yang tidak disukai oleh kelelawar.

Semprotkan isektisida di atap rumah secara rutin, tapi usahakan jangan terlalu berlebihan. Jangan lupa semprotkan juga insektisida ini ke tempat-tempat yang menjadi favorit kelelawar untuk singgah.

Cara mengusir kelelawar yang satu ini bisa menjadi salah satu cara alternatif dan bukan pilihan utama, karena kurang ramah lingkungan.

Menggunakan Belerang

cara mengusir kelelawar dengan belerang
pixabay.com

Ternyata bau belerang juga ampuh dalam proses mengusir kelelawar di rumah. Sama halnya dengan terasi, belerang juga memiliki bau yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh kelelawar.

Cara mengusir kelelawar menggunakan belerang yaitu dengan cara membakarnya. Bakar belerang di luar rumah, dan pastikan asap dari belerang ini mengarah ke rumah Sahabat Biru.

Cara ini mungkin cukup membantu untuk mengusir kelelawar dari rumah. Sama seperti cara sebelumnya, cara ini menjadi cara alternatif, karena selain menjadi polusi, kita juga bisa sesak nafas karena asapnya.

Cara Mencegah Kelelawar Agar Tidak Masuk Rumah

Sebelum masuk dan bersarang di rumah kita, kita bisa mencegahnya dengan cara-cara berikut:

Menutup Lubang Loteng

lubang di rumah
pixabay.com

Biasanya kelelawar akan mulai mencari makan di waktu sore menjelang malam.

Pada waktu tersebut Sahabat Biru bisa mengamati pergerakan para koloni kelelawar. Lihatlah dari jalur mana kelelawar masuk ke rumah kita. Jika Sahabat Biru sudah mengetahui arah masuk kelelawar, hal itu sudah cukup memberikan petunjuk untuk pencegahan.

Sahabat biru bisa melakukan tindakan penutupan lubang yang ada di atap. Selain menutup lubang jalur kelelawar masuk, pastikan juga Sahabat Biru memperbaiki setiap lubang yang ada.

Periksa setiap sudut kamar atau loteng, segera tutupi jika dirasa ada lubang yang seukuran dengan tubuh kelelawar.

Memasang Lampu di Loteng

memasang lampu di loteng
pixabay.com

Berikan penerangan yang cukup pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kelelawar.

Sahabat Biru bisa memasag lampu khusus yang tahan lama dan bisa menyala selama 24 jam. Pastikan lampu yang Sahabat Biru pasang memiliki cahaya yang cukup terang.

Kita tahu bahwa kelelawar tidak menyukai tempat yang terang sehingga dengan memberikan penerangan akan membuat kelewar enggan memasuki rumah.

Menggunakan Cermin

cara mengusir kelelawar Menggunakan Cermin
pixabay.com

Satu lagi cara efektif mencegah kelelawar masuk ke dalam rumah adalah dengan mengunakan cermin. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya.

Penggunaan cermin di sini hanya menambah intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh lampu. Cermin bisa memantulkan cahaya yang akibatnya tempat lebih terang dan kelelawar tidak mau masuk.

Rumah Kelelawar

rumah kelelawar
pixabay.com

Selain keberadaannya yang mengganggu, ternyata kelelawar juga bisa bermanfaat bagi kita. Kelelawar akan memakan nyamuk atau serangga yang ada di sekitar rumah kita.

Jika Sahabat Biru cukup baik untuk membiarkan kelelawar berada di sekitar rumah. Sahabat Biru bisa membuatkan mereka rumah khusus kelelawar agar mereka tidak masuk ke dalam rumah kita.

Sahabat Biru bisa membeli atau membuat sendiri rumah kelelawar tersebut. Rumah kelelawar tidak jauh beda dengan kandang burung kenari atau kolibri, hanya saja ukurannya lebih besar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan rumah kelelawar cukup jauh jaraknya dari rumah kita.

Setelah itu tutup semua lubang masuk kelelawar yang ada di rumah kita. Jika kelelawar belum juga masuk ke rumah yang sudah disediakan, Sahabat Biru bisa coba untuk menangkapnya.

Itu tadi beberapa cara untuk mengusir dan mencegah kelelawar agar tidak masuk ke dalam rumah kita. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: