6 Jenis Belalang Beserta Ciri-ciri dan Gambar

4 min read

ciri ciri belalang

Sudah tahu mengenai apa saja ciri-ciri belalang? Jiika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Daur Hidup Belalang, maka kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri belalang.

Keberadaan belalang di Indonesia sendiri cukuplah banyak dan tidak sulit untuk kita temukan. Tidak jarang pula warga pedesaan mencari belalang untuk di konsumsi. Belalang dipercaya memiliki beberapa kandungan yang cukup baik bagi tubuh. Terutama  kadar protein yang cukup tinggi pada belalang.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus belalang.

Ciri-ciri Belalang Sembah

ciri-ciri belalang - Belalang Sembah
pixabay

Belalang Sembah adalah serangga yang termasuk dalam ordo Mantodea. Dalam bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut praying mantis karena tanganya yang seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis berasal dari bahasa Yunani Mantes yang berarti Nabi atau peramal nasib.

Belalang sembah adalah serangga predator yang cekatan. Kedua tangannya yang selalu tertangkup didepan dadanya seolah-olah mengambil ancang-ancang perlawanan atau perburuan mangsa.Pantas saja menjadi salah satu jurus dalam silat, jurus congcorang.

Mata belalang juga sangat tajam berbeda dengan mata manusia, walaupun sama-sama bermata dua, tetapi belalang sembah memiliki Compound eye.

Belalang sembah memiliki mata majemuk besar berjumlah sepasang di kepala berbentuk segitiga dengan berbagai macam fungsi.

Mereka menggunakan mata untuk mendeteksi pergerakan mangsa dan memutar kepala mereka untuk membawa mangsanya ke dalam bidang teropong pandang.

Mereka memiliki kepala  yang dapat memutar 180 derajat. Pada kepala juga terdapat sepasang antena yang digunakan sebagai indera pembau.

Sebagai serangga karnivora, belalang sembah memakan serangga lain seperti Lalat jangkrik, kumbang, ngengat dan lebah. Namun, belalang sembah yang berukuran lebih besar tidak jarang untuk memakan reptil kecil, burung dan bahkan mamalia kecil.

Untuk menangkap mangsanya, mantis menggunakan kamuflase mereka untuk berbaur dengan lingkungan dan menunggu mangsa berada dalam jarak mencolok. Mereka kemudian menggunakan kaki depan raptorial mereka untuk cepat merebut korban.

Teknik memangsa belalang sembah seperti ular, jadi belalang sembah menunggu mangsa sambil menekukan tangannya sampai seperti orang yang sedang berdoa.

Lalu dia menunggu mangsa sampai dekat dengan jangkauannya. Setelah itu ia memanjangkan tangannya seperti pegas dan menangkap mangsanya dengan menjepitnya.

Salah satu keunikan dari belalang sembah ini adalah pandai menyamar. Penyamaran ini dilakukan untuk menghidari predator atau pada saat mencari mangsa.

Ketika belalang sembah masih muda, belalang sembah bunga akan menyerupai kumbang pembunuh yang mempunyai gigitan yang sangat sakit. Penyamaran ini akan menyelamatkan anak-anaknya daripada pemangsa.

Menjelang dewasa belalang sembah akan berubah menyerupai bunga atau pohon didekatnya dan bersembunyi ditempat terbuka.

Setelah dewasa belalang sembah akan menjadi belalang sembah berwarna hijau seperti yang sering kita temui di dedaunan.

Ciri Khas Belalang Sembah

Saat belalang sembah kawin, maka belalang sembah yang betina akan memakan kepala pejantannya.

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan untuk telur agar dapat menetas dan juga untuk mennigkatkan kesuburan hasil perkawinan mereka.

Ciri khas yang lain adalah kaki depannya besar dan berduri tajam. Duri-duri tajam ini adalah alat untuk menangkap  dan mencengkram mangsanya agar tidak muda lepas.

 

Ciri-ciri Belalang Hijau

ciri-ciri belalang - belalang daun
pixabay

Hewan yang termasuk kedalam metamorphosis tidak sempurnaa ini memiliki populasi yang sangat banyak. Belalang hijau adalah belalang yang paling kita sering temui. Populasi belalang ini sangat banyak di Indonesia.

Belalang termasuk hewan herbivora. Beberapa spesies hidup di tanaman inang dan memakan daun, bunga, batang dan bijinya. Spesies belalang lain memakan apa yang mereka temukan di tanah, seperti potongan daun dan bunga, biji bahkan serangga mati.

Tapi belalang bisa pilih-pilih tentang makanan mereka. Mereka sering mencicipi makanan sebelum mulai dikonsumsi. Biasanya, belalang memilih makanan yang menghasilkan asam amino, gula dan vitamin yang tepat.

Ciri Khas Belalang Hijau

  • Tubuh  terdiri dari buku-buku
  • Mempunyai antena khusus yang berukuran sedang hingga pendek
  • Mempunyai sayap dengan tekstur lembut yang dapat digunakan untuk terbang
  • Memiliki  famur yang besar dibelakang dan kaku yang digunakan untuk melompat

Ciri-ciri Belalang Kayu

belalang kayu
pixabay

Belalang Kayu memiliki ukuran tubuh sekitar 85 mm, pada saat Belalang Kayu dewasa, memiliki Warna Cokelat Tua. Berbeda pada saat masih berumur muda.

Biasanya pada jenis Belalang yang satu ini akan berganti kulit, pada saat mentransfer Musim Dingin, dan akan meningkatkan Proses Hibernasi. Habitat pada Belalang Kayu ini, terletak di antara Semak-semak atau Pepohonan dengan makanan Dedaunan.

Belalang Kayu ini tergolong dalam kelas Famili Acrididae, yang mana kelas Famili ini memiliki ciri-ciri khusus, yaitu Memiliki Antena pendek dan Alat Pendengaran yang cukup bagus.

Ciri Khas Belalang Kayu

Ciri khas pada belalang ini ada di warnanya, warnanya yang seperti kayu berfugsi untuk penyamaran ketika memangsa atau bersembunyi.

Warnanya sangat mirip sekali seperti kayu, bahkan kita hampir tidak bisa melihat belalang ini ketika ia hinggap di kayu.

Ciri-ciri Belalang Cina

belalang cina
flickr.com

Belalang Cina ini hampir sama dengan jenis belalang pada umumnya. Ia memiliki kulit berwarna hijau muda yang cerah. Hidupnya dihabiskan hinggap di dedaunan atau di rumput-rumputan.

Belalang Cina ini juga termasuk hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan atau dedaunan.

Ciri Khas Belalang Cina

Beberapa hal yang membedakannya dengan belalang lain adalah bentuk kepalanyayang agak lonjong ke depan. Bentuk dari belalang Cina ini lebih kecil dari belalang lainnya.

Selain ukurannya yang berbeda dari serangga ini, terdapat stridulasi organ yang ada pada tubuhnya, hal ini berbeda dengan spesies belalang yang memiliki organ ini.

Ciri-ciri Belalang Daun

belalang daun
octacintaserangga.blogspot.com

Sebagian besar belalang daun aktif di malam hari. Tetapi ada juga beberapa spesies yang sudah jalan-jalan di siang hari. Mereka sering terlihat sedang memakan bunga atau terbang ke udara jika sedang terganggu.

Pejantan menarik perhatian betina dengan membunyikan suara dan melakukan perkawinan pada malam hari. Betina yang bertelur akan meletakkan telurnya pada tanah atau tanaman menggunakan  ovipositor.

Belalang daun makan bagian-bagian tanaman atau serangga lain yang bisa ditangkapnya.

Belalang daun sering didapati di wilayah yang banyak terdapat makanan seperti padang rumput, taman, hutan, penggunungan dan semak-semak.

Ciri Khas Belalang Daun

Ciri belalang daun ini sangat unik. Dilihat dari namanya yaitu belalang daun, tubuh bagian belakang belalang ini menyerupai bentuk daun. Hal itu bertujuan untuk menghindari atau bersembunyi dari predator.

Bentuk daun ini juga memudahkannya dalam mencari makanan. ia kadang memakan serangga kecil, jadi ia harus bersembunyi dan menunggu mangsanya lewat.

Ciri-ciri Belalang Batu

belalang batu
pixabay

Belalang ini memiliki ukuran sekitar 2,5 cm, tenang dan tergolong jinak. Ia dapat didekati bahkan disentuh. Spesies ini memilih  lokasi-lokasi yang berumput, batu-batuan ataupun tanah terbuka untik ia singgahi.

Ketika bertengger di rumput atau di helai daun yang hijau, akan tampak sangat kontras, seperti lumpur yang melekat di daun atau ranting.

Di habitat asli jumlah individunya banyak, dapat dijumpai sampai 20-30 individu. Mereka suka berdiam atau hinggap pada tinja ternak sapi atau babi.

Ciri Khusus Belalang Batu

Ciri khas pada belalang batu ini sangat jelas dari nama dan bentuknya. Ya, ciri khasnya adalah bentuknya yang seperti batu. Warna belalang ini di dominasi warna cokelat gelap dengan bercak-bercak hitam putih yang membuatnya semakin terlihat seperti batu.

Bukannya hanya bentuknya saja yang seperti batu, perilakunya pun hampir menyerupai batu. Ia tidak akan kabur saat disentuh tidak seperti belalang lainnya. Tapi ia juga akan melarikan diri disaat dirinya merasa terancam.

%d blogger menyukai ini: