fbpx

Ciri Khusus dan Kemampuan Unik Hewan & Tumbuhan

4 min read

ciri khusus hewan dan tumbuhan-burung

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Biru. Selamat pagi, siang, sore, malam, dimanapun Sahabat Biru berada semoga dalam keadaan sehat selalu. hewan dan tumbuhan sejatinya memiliki ciri khusus masing-masing.

Setiap hewan dan tumbuhan memiliki beberapa bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup seperti makan, minum, berkembang biak, melindungi diri dari musuh dan mempertahankan jenisnya semua terjadi di alam liar sana.

Bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan dapat berupa penyesuaian bentuk tubuh, fungsi organ, dan tingkah laku.

Ciri Khusus Pada Hewan

Bukan hanya tumbuhan, setiap makhluk hidup diciptakan dengan keuniknanya masing-masing. seperti hewan misalnya, mereka memiliki ciri-ciri khusus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan melindungi diri dari musushnya.

Ciri khusus pada mamalia

ciri khusus hewan dan tumbuhan-elephant
pixabay

Kelelawar

Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi, yaitu kemampuan memancarkan dan menerima pantulan gelombang ultrasonic untuk mendeketsi adanya pergerakan mangsa atau menindentifikasi keberadaan objek. Sehingga kelelawar dapat terbang di malam hari.

Selain itu kelelawar juga memiliki daun telinga yang lebar yang memudahkan kelelawar untuk menangkap gelobang bunyi. Selaput pada alat gerak bagian depan memudahkan kelelawar untuk terbang.

Landak

Landak memiliki bulu keras di bagian tubuhnya. Bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot kulit. Apabila diserang musuh, landak akan melarikan diri ke dalam sarangnya.

Sarang landak berada di dalam tanah. Namun jika tidak empat melarikan diri, landak akan menggulung tubuhnya dan durinya akan mengembang. Seluruh tubuh lndaka pun dipenuhi duri yang tajam. Duri itu akan menancap pada musuh yang menyentuhnya.

Unta

Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang berada di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan  bagi dirinya ketika ia mengalami  kesulitan dalam mencari makanan. Dengan demikian unta dapat hidup selama 3 minggu tanpa air. Selain itu, unta juga dapat mengangkut  beban ratusan kilo gram hingga berhari-hari.

Bulu mata unta memiliki system pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu mata ini akan otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkaitan ini mencegah masuknya bulu ke mata.Hidung dan telinga di tutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir.

Gajah

Gajah mempunyai belalai utnuk mencari makan. Gajah mempunyai daun telinga yang lebar serta kulit yang tebal dan berkerut. Daun telinga yang lebar sering berkibas-kibas untuk mengusir hewan kecil yang menggangunya.

Kulitnya yang berkerut untuk memperluas permukaan tubuh, sehingga dapat menghilangkan panas tubuh. Bulu yang tumbuh pada tubuhnya pendek dan tipis, jadi gajah tidak akan kepanasan.

Trenggiling

Trenggiling mempunyai lidah yang cukup pajang dan lengket yang berfungsi sebagai penangkap serangga seperti rayap, semut, dan lain-lain. Meski pun mangsa tersebut berada di dalam lubang, dengan lidah yang panjang masih dapat terjangkau.

Trenggiling mampu menggulung badannya sehingga menyerupai bola. Hal itu dilakukan untuk melindungi diri saat diserang oleh pemangsa.

Reptilia

ciri khusus hewan dan tumbuhan-Bunglon
pixabay

Bunglon

Bunglon adalah hewan reptilian yang dapat berkamuflase, yaitu mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi lingkungannya. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri dari predator dan untuk berburu mangsanya.

Biasanya bunglon akan berubah menjadi warna hijau jika dia sedang diam di dedaunan. Dia juga bisa berubah menajdi warna coklat ketika berdiam di batang pohon dan sejenisnya.

Selain bunglon, ada juga hewan yang tergolong kedalam mimikri. Mimikri adalah jenis makhluk hidup yang meniru bentuk fisik atau perilaku jenis makhluk hidup lainnya.

Hewan yang bermimikri tidak menyembunyikan diri dari pemanga, tetapi terlihat lebih buas sehingga membuat pemangsa menjauh. Salah satu contoh hewan yang melindungi dirinya denga mimikri adalah kupu-kupu.

Cicak dan Tokek

Cicak dan tokek memiliki kemampan Autotomi, yaitu kemampuan memutuskan ekor untuk mengalihkan perhatian pemangsa. Tokek dan cicak dapat merapat di dinding dan langit2, karena adanya lapisan pelekat pada telapak kakinya.

Lidah pada cicak dan tokek juga memiliki kemampuan yang unik. Lidahnya dapat bergerak dengan cepat, memanjang, dan sangat lengket. Hal itu bertujuan untuk menangkap mangsanya agar tidak lepas.

Aves

ciri khusus hewan dan tumbuhan-duck
pixabay

Bebek

Bebek merupakan kelompok hewan yang hidup di habitat berair, seperti rawa, sungai dan kolam kecil. Ciri khusus pada bebek sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan berupa bentuk paruh, bulu, dan kaki.

Bebek memiliki bentuk paruh yang pipih dan lebar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mencari makanan di air atau di lumpur.

selain itu bebek memiliki bulu yang dilapisi minyak yang berfungsi untuk menjaga bulu-bulu bebek agar tidak basah saat berenang.

Bebek juga memiliki kaki yag berselaput bertujuan untuk memudahkan bebek saat berenang.

Amfibi

ciri khusus hewan dan tumbuhan-frog
pixabay

Katak

Katak merupakan hewan amfibi, yaitu hewan yang memiliki dua pase kehidupan, di darat dan di air.  Permukaan kulit pada katak halus, lembab, dan berlendir. Hal ini bertujuan untuk membantu bernafas dalam air.

Selain itu bentuk tubuh katak lebih kecil dan ramping. Kaki bagian belakang pada katak lebih kuat, panjang, dan berselaput. Hal itu bertujuan untuk memudahkannya melompat, memanjat, dan berenang.

Insect

ciri khusus hewan dan tumbuhan-ant
pixabay

Semut

Semut merupakan serangga yang bersarang di dalam tanah.

Apakah Sahabat Biru tahu, bahwa beberapa jenis semut memiliki mata yang buta? Semut juga tidak memiliki telinga. Lantas bagaimana cara mereka hidup?

Semut memiliki antena di kepalanya yang digunakan untuk memcium, menyentuh, dan merasakan getaran bunyi. Sedangkan mulut semut digunakan untuk mengecap.

Semut berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan sentuhan antena dan melalui bau. Semut mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya dan menunjukan keberadaaan  makanan.

Fishces

ciri khusus hewan dan tumbuhan-dolphin
pixabay

Ikan

Ikan Adalah adalah jenis hewan yang hidup di air. Tahukah sahabat biru, bagaimana ikan dapat bernafas dalam air? Ikan memiliki insang di bagian kiri dan kanan tubuhnya.

Insang inilah yang befungsi sebagai alat pernafasan pada ikan di dalam air. Selain itu, ikan juga memilki sirip yang berfungsi untuk menggerakan tubuhnya di dalam air, dan ekor ikan berfungsi untuk menentukan arah gerak.

Cara tidur ikan juga begitu unik, mereka tertidur dengan mata terbuka, hal ini di sebabkan karena ikan tak memiliki kelopak mata. Ikan akan tertidur dalam keadaan setengah sadar, sehingga ia bisa tetap waspada dari berbagai kemungkinan yang terjadi.

Cumi-cumi

Cumi-cumi juga termasuk jenis hewan yang hidup di dalam air. Cumi-cumi memiliki banyak tangan pendek yang disebut dengan tentakel. Saat ada pemangsa, cumi-cumi akan menyemprokan cairan tinta untuk melindungi dirinya.

Cumi-cumi juga dapat memancarkan cahaya dari tubuhnya. Kemampuan ini membantu cumi-cumi untuk mencari makanan di malam hari. Mangsa akan mendekat karena tertarik dengan cahaya yang dipancarkan.

Ciri Khsus Pada Tumbuhan

ciri khusus hewan dan tumbuhan-Eceng Gondok
www.greeners.co

selain hewan, tumbuhan juga memiliki ciri khususnya tersendiri, dan berikut ciri khusus pada tumbuhan.

Teratai

Teratai memiliki beberapa ciri khusus, diantaranya:

  • Memilki daun yang lebar dan tipis untuk mempermudah penguapan.
  • Mempunyai batang berongga untuk menyalurkan udara ke akar.
  • Daun tipis dan batang berongga membuat teratai dapat mudah terapung di air

Raflesia Arnoldi

Ciri khusus dari Raflesia diantaranya:

  • Dapat mengeluarkan bau busuk untuk menarik lalat atau serangga untuk memebantu proses penyerbukan.
  • Mempunyai bagian yang dapat memantulkan cahaya dengan tujuan memandu serangga dalam proses penyerbukan.

Eceng Gondok

Eceng Gondok memiliki beberapa ciri khusus, diantaranya:

  • Memiliki batang yang berongga dan gembung pada bagian pangkal, sehingga dapat mudah terapung di air.

Putri Malu

Ciri khusus dari Putri Malu adalah:

  • Memiliki batang yang berduri.
  • Daunnya menutup ketika disentuh, tujuan untuk mengelabui musuh.

Talas

Adapun ciri khusus dari Talas adalah sebagai berikut:

  • Daunnya dapat menggulung ketika musim panas, tujuannya untuk mengurangi penguapan.
  • Berdaun lebar dan tipis untuk mempercepat penguapan.
  • Memilki zat lilin sehingga daun Talas tidak mudah basah ketika terkena air.

Jati

Ciri khusus dari Pohon Jati adalah sebagai berikut:

  • Menggugurkan daun pada saat musim kemarau, tujuannya untuk mengurangi penguapan.

Kantong Semar

Adapun ciri khusus dari Kantong Semar adalah:

  • Termasuk tumbuhan insectivora, atau tumbuhan pemakan serangga.
  • Mempunyai daun yang berbentuk seperti kantong yang berisikan cairan asam. Serangga yang jatuh ke dalam kantong akan diserap nitrogen
  • Hidupnya di daerah dataran tinggi dan rawa-rawa. Persebarannya pun cukup luas.

Kaktus

Kaktus memiliki beberapa ciri khusus diantranya:

  • Memiliki batang yang dapat menyimpan air, sehingga kaktus tahan hidup di daerah kering (padang pasir).
  • Daun kaktus berbentuk seperti duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air.

 

%d blogger menyukai ini: