Ciri Khusus Unta [Terlengkap] Habitat, Jenis, dan Olahan dari Unta

4 min read

ciri khusus unta

Kebanyakan dari Sahabat Biru pasti sudah mengetahui bahwa Unta adalah hewan yang identik dengan gurun. Tapi apa Sahabat Biru tahu kalau unta mempunyai ciri khusus yang hanya dimiliki oleh dirinya sendiri.

Sebagai contohnya, untuk memiliki satu atau dua punuk yang sangat menonjol. Sebenarnya fungsi dari punuk itu apa sih? Nah di sini saya akan membahas ciri khusus yang dimiliki unta.

Tapi sebelum kita masuk ke ciri khusus unta, lebih baik kita mengenal unta terlebih dahulu.

Habitat Unta

gurun pasir
pixabay.com

Sebenarnya unta hidup secara nomaden atau berpindah-pindah, tidak menetap di suatu tempat. Tapi, unta banyak ditemukan di daerah gurun pasir atau padang rumput, di mana padang pasir adalah hamparan pasir yang sangat luas dan jarang ditemukan sumber kehidupan.

Walaupun begitu, ia dapat berjalan ratusan kilometer menyeberangi padang pasir yang sangat luas.

Unta bisa dibilang menjadi salah satu mamalia yang paling unik di planet ini. Ia telah beradaptasi dengan sempurna di padang pasir, di mana makanan dan minuman sering menjadi langka disana.

Suhu di padang pasir sangatlah ekstrim, suhu berubah dengan cepat dari terikanya panas di siang hari dan berubah menjadi dingin di malam hari.

Hari ini, unta sudah jarang ditemukan di alam liar, tetapi masih ada sebagai hewan domestik di daerah-daerah timur tengah sana.

Unta bisa menyesuaikan dirinya dari suhu panas terik matahari. Ia tidak akan terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun. Itu semua dikarenakan struktur tubuhnya yang istimewa.

Unta mampu berkembang biak pada saat mereka berusia antara tiga sampai empat tahun untuk betina dan lima tahun untuk jantan.  Jantan dominan kawanan memiliki hak pemuliaan dengan betina.

Unta betina dan jantan melakukan reproduksi di musim kawin yang biasanya berlangsung antara bulan November hingga Maret.

Masa kehamilan unta cukup panjang, yakni bisa hingga 13 bulan. Betina melahirkan satu ekor bayi unta atau kadang-kadang kembar. Berat bayi unta ketika lahir bisa mencapai 40 kg.

Jenis Unta

unta punuk dua
pixabay.com

Pada umunya unta hanya memiliki dua jenis, untak berpunuk satu dan unta berpunuk dua.

Unta berpunuk satu hidup di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. Sedangkan unta berpunuk dua hidup di wilayah Australia, wilayah Gurun Gobi Cina, dan Mongolia.

Di Australia populasi unta semakin menurun setelah adanya pembantaian unta. Pembantaian ini disebabkan adanya tuduhan yang mengatakan bahwa unta sebgai penyumbang gas rumah kaca dan penyebab pemanasan global.

Makanan Unta

makanan unta
pixabay.com

Untuk perihal makanan, unta tidak pilih-pilih untuk memakan sesuatu. Walau unta digolongkan ke dalam hewan herbivora, diet mereka tidak sepenuhnya pemakan sayur-sayuran.

Unta bisa memakan tulang atau daging bangkai untuk melengkapi diet mereka. Hal unik lainnya yaitu bibir kasar unta bisa digunakan untuk memakan kaktus yang biasanya hewan lain hindari.

Unta juga dikenal bisa menkgkonsumsi tanaman yang kadar garamnya tinggi, hal itu bisa mnegurangi persaingan dalam mencari makanan.

Unta mempunyai cadangan energi ketika makanan dan minuman langka, energi itu tersimpan di punuknya dalam bentuk lemak.

Yup, punuknya berfungi untuk menyimpan cadangan lemak yang digunakan di saat-saat darurat. Unta dapat kehilangan 20%-25% berat badannya ketika di perjalanan dan belum menemukan sumber makanan atau oasis.

Berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang hanya mampu kehilangan 3%-4% berat tubuhnya yang dikarenakan darahnya mengental dan mengalami gagal jantung lalu mati.

Ciri Khusus Unta

Seperti yang sudah saya katakan di atas, unta memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan lain. Ciri khusus yang di miliki unta tidak lain untuk bisa bertahan hidup di tempat yang sangat ekstrim.

Bisa Mengangkat Beban yang Berat

unta membawa barang
pixabay.com

Walaupun dia sudah membawa lemak yang ada di punuknya, unta masih bisa membawa beban yang sangat berat, unta bisa mengangkat beban hingga 500kg.

Kemampuan unta ini sangat bermanfaat bagi manusia, ia bisa membantu manusia untuk membawa barang bawaan yang sangat berat.

Alat Transportasi Jarak Jauh

unta menyebrang padang pasir
pixabay.com

Selain bisa membawa beban yang sangat berat, unta juga mempunyai kemampuan fisik yang kuat. Unta bisa menempuh jarak ratusan kilometer tanpa merasa kelelahan yang amat sangat.

Kemampuan unta yang satu ini juga sangat membantu manusia untuk mengantarkan perjalanan yang sangat panjang. Sebelum melakukan perjalan, biasanya unta diberi minum hingga 4 galon, lalu ia akan menyimpannya sebagai energi tambahan.

Pandai Menghemat Air

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, unta memiliki bagian tubuh yang membedakannya dengan hewan lain, yaitu punuknya.

Punuk unta ini menyimpan cadangan air yang akan unta gunakan ketika di dalam kondisi darurat  yang dimana tidak ada makan dan minum. Tapi air di punuk unta ini tidaklah benar-benar air, melainkan lemak tubuh.

Dalam sekali minum, mereka dapat minum sekitar 4 galon Air dalam waktu yang sangat singkat. Dengan adanya punuk ini, unta dapat menyeberangi padang pasir yang minim sumber air tanpa harus kehausan.

Bulu Mata yang Panjang

bulu mata unta
republika.co.id

Di padang pasir gurun, seringkali angin menerbangkan debu-debu dan pasir yang dapat menyakiti mata. Unta dilengkapi bulu mata yang tebal dan panjang untuk menghalau debu dan pasir masuk ke matanya.

Bulu mata yang dimiliki unta juga akan tertutup sendiri jika akan ada pasir atau debu yang masuk ke matanya. Jadi unta dapat bertahan menghadapi badai pasir dan debu di gurun.

Telapak Kaki yang Lebar

ciri khusus unta kaki unta
pexels.com

Kondisi pasir yang terus mendapatkan sinar matahari menyebabkan pasir menjadi sangat panas. Sahabat Biru bisa membayangkan berjalan tanpa alas kaki di siang hari melewati aspal, nah seperti itu lah panasnya pasir di gurun.

Tapi berbeda dengan unta, ia memiliki bantalan tebal di kakinya. Bantalan itu membuat unta dapat bertahan berjalan di atas permukaan pasir gurun yang panas di siang hari.

Manfaat Unta

ciri khusus unta olahan daging unta
pixabay.com

Keberadaan unta sangatlah bermanfaat bagi manusia, dari dulu hingga saat ini unta sudah banyak membantu manusia khususnya orang-orang di timur tengah.

Orang-orang di timur tengah memanfaatkan mereka sebagai alat transportasi, pembawa barang, diambil susunya, diambil dagingnya dll.

Ternyata daging unta tidak kalah enak dari daging-daging lain. Saya akan memberikan contoh olahan unta yang enak, berikut daftar olahannya.

  • Camel Kofta

Kofta adalah sejenis bola daging atau bakso khas Timur Tengah. Biasanya menggunakan daging sapi, ayam, domba, hingga unta.

  • Susu Unta

Selain daging, unta banyak dimanfaatkan susunya. Susu unta mengandung banyak vitamin dan dipercaya dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Susu unta memiliki aroma khas yang cukup kuat, sehingga tak semua orang cocok dengan rasanya. Satu gelas susu unta bisa dibandrol dengan harga Rp 102 ribu.

  • Gelato Susu Unta

Jika tidak terlalu suka dengan aroma susunya, banyak yang beralih ke produk olahan lainnya, salah satunya gelato. Di sana terdapat kafe gelato yang terbuat dari susu unta dengan berbagai rasa dan varian. Jadi Sahabat Biru tetap bisa mendapatkan kebaikan susu unta dengan cara yang lebih menyenangkan.

Sebenarnya masih banyak lagi olahan dari unta yang bisa Sahabat Biru nikmati, tapi saya hanya bisa memberi sebagian kecilnya saja.

%d blogger menyukai ini: