Contoh Hewan Reptil yang Cantik

4 min read

Contoh Hewan Reptil

Reptil adalah hewan  vertebrata, yang artinya mereka termasuk ke dalam hewan yang memiliki tulang belakang. Contoh hewan reptil ini sangat banyak sekali kita temui di sekitar kita.

Mungkin beberapa dari kita melihat bahwa reptil adalah hewan yang berbahaya, contohnya saja ular dan buaya.

Tapi tidak semua hewan reptil itu berbahaya dan memiliki momok yang menyeramkan, ada juga beberapa reptil memiliki tampilan yang cantik bahkan lucu.

Di sini saya akan memberikan contoh hewan reptil dengan penampilan yang cantik dan lucu. Berikut contoh hewan reptil yang cantik dan lucu

Kadal Heloderma Suspectum

contoh hewan reptil kadal heloderma suspectrum
idntimes.com

Kadal ini terlihat cantik karena seluruh tubuhnya dilapisi dengan sisik yang seperti manik-manik. Tapi sayangnya kadal ini pernah diakui sebagai salah satu kadal yang paling berbisa, dan pernh dijuluki “Monster Gila”.

Kadal ini menyebarkan racun neutrotoksin miliknya melalui gigitan gigi yang tajam.

Kadal Bipes Biporus

kadal bipes biporus
kaltim.tribunnews.com

Kadal ini memiliki nama lain yang cukup banyak, di antaranya The Mole Lizard Mexican. Jika di Indonesia kita menyebutnya dengan Kadal Cacing Baja.

Secara teknis reptil ini tidak masuk dalam kategori kadal ataupun ular, melainkan jenis Amphisbaenian. Jenis kadal ini menghabiskan waktunya di dalam tanah berburu cacing dan serangga.

Hal yang membuat reptil ini cantik atau lebih tepatnya unik adalah kulitnya yang terlihat licin dan memantulkan cahaya. Kulit reptil ini juga terlihat lembut seperti kulit bayi baru lahir.

Keunikan lainnya, pada bagian depan reptil ini terdapat mole seperti kaki, meskipun pada bagian belakangnya tidak terdapat kaki sama sekali.

Kadal Leopard Gecko

conroh hewan reptil kadal leopard gecko
pixabay.com

Leopard Gecko  mempunyai kulit yang bergelombang, ia bisa hidup di situasi apapun. Reptil ini memilki panjang 20 cm – 28 cm.

ia sangat suka memakan serangga seperti jangkrik, nyamuk, dan lain-lainnya. Keunikan dari reptil ini adalah ekornya mudah putus, walaupun bisa tumbuh kembali.

Kadal Agamas Mwanzae

kadal agamas mwanzae
versesofuniverse.blogspot.com

Kadal ini memilki julukan kadal spiderman, karena kulit sisiknya yang eksotis, fashionable dan terlihat seperti karakter spiderman.

Banyak orang yang memburunya untuk dijadikan hewan peliharaan. Tetapi hewan seram yang terlihat tidak nyata ini memerlukan perawatan khusus untuk menjaga suhu mereka jika ingin memeliharanya. Reptil ini dapat merubah warna kulitnya seperti hewan melata lainnya .

Ular Viper Badak

ular viper badak
parapecintareptil.com

Ular Viper menjadi salah satu jenis ular yang paling bertanggung jawab atas banyaknya kasus kematian yang disebabkan racun ular. Di antara sekian banyak jenis ular viper yang ada saat ini, terdapat satu jenis dengan bentuk fisik yang cukup unik dan cantik.

Viper yang satu ini memiliki corak tubuh dan pola menyerupai batik serta badannya yang agak melebar. Selain itu, mereka memiliki tonjolan tajam seperti cula badak di depan hidungnya sehingga membuat mereka dikenal sebagai ular Viper Badak.

Keunikan ini membuat ular viper badak mendapat julukan sebagai ular beracun paling eksotis di dunia. Namun, meski mereka tampak cantik, Sahabat Biru tidak bisa santai-santai saja ketika melihat mereka, mengingat bisanya yang sangat mematikan.

Python Pohon Hijau

Ular cantik yang satu ini adalah ular yang dapat ditemukan di New Guinea, Indonesia, dan sebagian Australia.

Saman halnya dengan kelelawar, ular ini punya cara tidur yang unik. Phyton pohon hijau akan melingkarkan tubuh mereka dua putaran di dahan pohon dengan gaya seperti pelana dan menempatkan kepala mereka di tengah.

Berbeda dengan di Indonesia, dimana kita menyebut ular ini dengan sebutan phyton, di Amerika Selatan menyebutnya dengan sebutan Boa.

Sayangnya, Python Pohon Hijau terancam karena perusakan habitat oleh penebangan liar, serta terancam lewat perdagangan hewan peliharaan.

Amelanistic Burmese Python

Amelanistic Burmese Python
virily.com

Ular ini merupakan jenis albino dari spesies Phyton Burma. Reptil ini memiliki warna kuning atau oranye dengan pola putih yang sangat cantik. Berbeda jauh dengan Phyton Burma aslinya yang berwarna cokelat dengan pola hitam.

Ular ini banyak ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis Asia Tenggara. Reptil ini menjadi salah satu dari 6 jenis ular terbesar di dunia.

Kemampuan melata reptil ini tidaklah diragukan lagi, ia mampu mendaki dan bergerak di dalam air dengan sangat baik. Ular ini termasuk ular jinak dan bisa dipelihara, tetapi dengan ukuran yang sangat besar tentu memerlukan perawatan khusus untuk memeliharanya.

Brazilian Rainbow Boa

Brazilian Rainbow Boa
pixabay.com

Ular yang indah nan cantik ini adalah Rainbow Boa Brazil atau Epicrates cenchria, yang dinamai demikian karena sisik warna-warninya.

Warna yang mendasari adalah cokelat dan oranye seperti yang kita lihat di sini atau campuran dari keduanya. Ular ini bisa ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta di semua daerah Amazon.

Ini adalah ular ukuran menengah dibandingkan dengan ular lain. Ular ini menyukai sungai dan daerah drainase. Lama hidup ular ini dapat hidup sampai 20 tahun.

Eastern Coral Snake

Eastern Coral Snake
reptilesmagazine.com

Eastern Coral Snake adalah salah satu ular yang paling indah dari semua jenis ular. Tapi Sahabat Biru jangan tertipu oleh kenampakannya yang cantik, karena seperti ular karang lainnya ular ini sangatlah berbisa.

Sisi baiknya, hanya ada sekitar 15 sampai 20 korban gigitan yang dilaporkan pertahunnya. Tapi di sisi buruknya mereka mematikan dan anti bisa ular ini sangat langka karena biaya pembuatan anti bisa terlalu mahal untuk ular ini.

Ular ini adalah binatang hutan, hidup di dedaunan dan tanah. Umunya jika mereka terancam mereka akan melarikan diri sebelum menggigit.

Tetapi jika mereka merasa sudah sangat terpojokkan, barulah mereka menggitan dan melepaskan bisanya. Jika Sahabat Biru terkena gigitan ular ini segeralah pergi ke dokter. Setelah terkena gigitan ular ini kegagalan pernapasan akan terjadi beberapa jam setelahnya.

Blue Racer Snake

blue racer snake
flickr.com

Nama resmi Ular Racer Biru ini adalah Coluber konstriktor dan sangat jarang yang berwarna biru. kebanyakan mereka biasanya berwarna abu-abu.

Walaupun hanya berwarna abu-abu, ular ini terlihat cantik dengan sisiknya yang berkilau, apalagi jika ditemukan yang berwarna biru.

Ular ini akan menelan mangsanya hidup-hidup setelah melilitnya dan merusakan tulang mangsanya, ia melakukan itu karena tidak memilki bisa. Ular ini bisa ditemukan di timur Rocky Mountain, Amerika Utara, namun juga dapat menemukan ular ini di Kanada dan juga Meksiko.

Kura-kura Ambon

kura kura ambon
dictio.id

Kura-kura Ambon memiliki nama latin Coura amobinensis adalah kura-kura asli Indonesia. Kura-kura ini terlihat cantik karena warna kepalanya hitam dengan garis kuning yang khas juga tepi kakinya terdapat garis kuning.

Reptil ini tidak galak dan aman untuk digabung dengan kura-kura apa saja. Kura-kura Ambon termasuk omnivora yang artinya menyukai berbagai macam makanan seperti sayuran, udang, ikan, bahkan daging. Sahabat Biru juga bisa memelihara kura-kura ini di rumah.

Gecko Frog Eye

Gecko Frog Eye
pinterest.com

Contoh hewan reptil yang cantik lainnya adalah  Gecko Frog eye. Frog eye merupakan spesies tokek yang belum banyak tersebar di Indonesia. Nama lainnya yaitu roborowski.

Alasan ia dinamakan Frog eye gecko lantaran mempunyai mata yang menyerupai dengan katak. Tokek ini hidup di daerah berpasir dan ia suka menguburkan tubuhnya ke dalam pasir. Bahkan ia bisa bertahan hidup di suhu yang ektrim menyerupai di gurun pasir.

Itulah Beberapa Contoh Hewan Reptil yang terlihat cantik dan unik. semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Sahabat Biru. Terimakasih

%d blogger menyukai ini: