fbpx

5+ Filosofi Bunga Matahari [Terlengkap] Fakta Unik, Manfaat, Jenis

4 min read

filosofi bunga matahari

Sesuai dengan namanya, bentuk fisik dari bunga matahari ini seperti matahari yang sedang memancarkan sinarnya. Tapi tahukah Sahabat Biru jika bunga matahari memiliki filosofi yang sangat dalam?

Bunga matahari adalah salah satu bunga yang memilki keindahan yang luar biasa, warna kuningnya lebih cerah dari pada jenis bunga lainnya.

Bunga matahari juga menjadi salah satu bunga yang paling populer di antara jenis bunga lainnya. Hampir tidak ada orang di dunia yang tidak mengenal bunga matahari.

Walaupun banyak orang yang mengenal bunga ini, tapi masih jarang orang yang mengetahui filosofi dari bunga matahari. Berikut beberapa filosofi bunga matahari.

Kesetiaan

lambang kesetian bunga matahari
pixabay.com

Bunga Matahari merupakan lambang kesetiaan. Hal ini disebabkan oleh sifat Bunga Matahari yang akan selalu mengikuti cahaya matahari dan selalu menghadap ke arah cahaya matahari.

Hal itu adalah suatu fakta jika pertumbuhan bunga ini selalu mengikuti matahari dan kelopaknya juga selalu mekar dan menghadap matahari.

Saat pagi hari ia akan menghadap ke arah timur ketika matahari terbit. Tapi ketika waktu sore tiba, ia akan lebih condong ke arah barat mengikuti sinar matahari yang terbenam di barat pada sore hari.

Fakta unik inilah yang membuat bunga matahari cocok menjadi lambang kesetiaan. Ia akan selalu setia dan tidak akan pernah berpaling dari cahaya matahari yang menyinarinya.

Kekaguman

rasa kekaguman
pixabay.com

Selain kesetiaan, fakta Bunga Matahari yang selalu mengikuti arah cahaya matahari itu juga bisa dijadikan sebagai lambang kekaguman.

Bunga ini cocok menjadi hadiah Sahabat Biru yang ingin menyatakan kekaguman pada seseorang layaknya Bunga Matahari yang tidak pernah bisa berpaling dari kilau sinar matahari.

Kegembiraan

gembira simbol bunga matahari
pixbay.com

Bentuk bunga matahari yang memiliki diameter besar, kelopak lebar dan mengembang sempurna, serta warna yang cerah membuatnya dapat sangat baik menggambarkan matahari yang bersinar cerah.

Hal itu juga membuatnya memiliki efek kegembiraan tersendiri bagi siapa pun yang melihat atau mendapatkannya sebagai hadiah.

Memberikan satu bucket Bunga Matahari dapat berarti jika Sahabat Biru ingin mengungkapkan kebahagian diri akan kehadiran sang penerima bunga.

Atau dapat diartikan jika Sahabat Biru ingin membuat seseorang bahagia dengan memberikan bunga matahari.

Selain itu, orang yang menyukai bunga ini juga bisa diartikan sebagai orang yang ceria.

Positivitas

positive thinking
pixabay.com

Bunga Matahari juga dipercaya mampu memberikan energi positif pada siapapun yang melihat atau berada di sekitarnya.

Bunga ini adalah cerminan dari matahari yang menyinari dan memberikan kehangatan. Memberikah hadiah satu bucket bunga matahari akan sangat cocok jika Sahabat Biru ingin memberikan perasaan positif pada yang bersangkutan.

Kekuatan

kekuatan bunga matahari
pixabay.com

Bentuk bunga matahari yang selalu tampak begitu tegak berdiri dan tidak mudah rapuh juga melambangkan perasaan tegar dan tidak mudah menyerah.

Memberikan bunga ini pada seseorang dapat menjadi bentuk dukungan Sahabat Biru dan kepercayaan Sahabat Biru bahwa sang penerima bunga dapat menjalani atau melewati apapun dalam hidupnya dengan kekuatan yang dia punya.

Bunga Matahari adalah salah satu bunga terbaik untuk melambangkan sifat tegar dan tidak mudah menyerah.

Selain itu, bunga ini bisa diberikan kepada seseorang yang sedang bersedih agar ia kuat melawan rasa sedih yang sedang dialaminya.

Cinta yang Abadi

lambang cinta abadi
pixabay.com

Bunga ini juga bisa menjadi simbol atas cinta yang abadi, karena bunga ini merupakan simbol dari matahari yang tidak pernah lelah untuk muncul setiap pagi dan menyinari dunia ini.

Pancaran cinta yang tidak akan pernah berhenti, tidak peduli apapun yang terjadi.

Fata Unik Bunga Matahari

fakta unik bunga matahari
pixabay.com
  • Tanaman bunga matahari mempunyai benih yang dapat digunakan sebagai penghasil minyak yang sangat tinggi. Minyak tersebut biasanya digunakan untuk cat, memasak, makanan hewani maupun biosel yang sudah dilakukan pengelolahan tertentu.
  • Bunga matahari dapat tumbuh setinggi 25 kaki. Bahkan, di Belanda pada tahun 1986 pernah ada yang tingginya melebihi itu.
  • Di Kanada, Kelopak bunga matahari ini dapat mencapai diameter 32–35 inchi.
  • Bunga matahari dapat menghasilkan benih kurang lebih 2000 biji perbunganya, dan hal itu masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang.
  • Bangsa Aztec percaya bahwa bunga matahari adalah bunga titisan dewa. Maka dari itu mereka menyembah bunga matahari.
  • Bunga matahari adalah salah satu tanaman heliotropisme, hal itu karena bunga matahari selalu mengarah ke arah terbit dan terbenamnya matahari.
  • Bunga matahari juga termasuk ke dalam famili kenikir-kenikir dan memiliki nama latin Helianthus, Heli berarti matahari dan anthus artinya bunga.
  • Nama bunga matahari ini berbeda-beda tergantung dengan letak atau wilayah masing-masing. Seperti di daerah Perancis bunga matahari disebut tournesol atau dikenal dengan pengelana matahari.
  • Bunga matahari juga sangat dipercaya dan digunakan sebagai lambang nasional oleh beberapa negara di antaranya Kansas, Ukraina, dan Amerika Serikat.
  • Bunga matahari ini juga memiliki beberapa jenis dan variant, yaitu ada sekitar 60 jenis yang menyebar di berbagai seluruh dunia. Namun ternyata hanya beberapa saja yang ditemukan oleh para peneliti.

Ciri-ciri Bunga Matahari

  • Memiliki bentuk daun tunggal yang mirip bentuk hati.
  • Memiliki tinggi kira-kira sekitar 1 hingga 3 meter.
  • Memiliki bentuk batang yang basah.
  • Memiliki biji-bijian yang terdapat pada tengah bagian bunga.
  • Memiliki bunga yang berwarna kuning yang mirip matahari.
  • Memiliki bunga yang berukuran besar seukuran dengan besar cawan atau lebih.

Jenis-jenis Bunga Matahari

jenis bunga matahari
cashmeinthegarden.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bunga matahari memiliki jenis yang sangat beraragam. Berikut contoh beberapa jenis bunga matahari:

  • Chianti Hybrid
  • Auntumn beauty
  • Pacino Gold
  • Italian White
  • Early Russian
  • Giganteus
  • Big Smile
  • Royal Hybrid
  • Hopi Black Dye

Manfaat Bunga Matahari

manfaat bunga matahari
hellosehat.com

Selain memiliki filosofi yang sangat dalam, bungat matahari memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan kita sama halnya seperti bunga melati dan tanaman lidah buaya, berikut manfaatnya:

Manfaat Akar Tanaman Bunga Matahari

Akar bunga matahari memiliki khasiat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, mengatasi semua jenis gangguan radang terutama pada saluran pernafasan.

Akar bunga matahari memiliki efek yang baik sekali pada penderita batuk. Cocok untuk perokok yang mempunyai bronkitis, juga bermanfaat mengeluarkan kelebihan cairan lewat kencing.

Manfaat lainnya sebagai analgetik, kerjanya mengurangi rasa nyeri, juga sebagai antitusif atau mengurangi batuk atau anti batuk alami.

Manfaat Batang Tanaman Bunga Matahari

Ternyata batang bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas karena mengandung unsur senyawa afrosidak.

Selain itu, bunga matahari juga bisa sebagai anti kanker seperi kanker lambung dan kanker esophagus.

Bisa juga memperbaiki kinerja dan fungsi hati atau liver dengan menangkal radikal bebas yang masuk dalam liver,

Bunga matahari ternyata mempunyai manfaat sebagai analgesik, terutama mengurangi nyeri saat kencing, nyeri lambung, dan tentunya untuk pereda nyeri skala luas

Manfaat Bunga tanaman Bunga Matahari

Selain warna kuning yang indah dan cantik, ternyata di balik keindahan dari bunganya memberikan manfaat sebagai pereda rasa nyeri yang baik.

Nyeri yang dapat diatasi seperti nyeri lambung, nyeri karena sakit gigi, nyeri saat menstruasi atau disminorhea, dan nyeri kepala.

Selain sebagai analgesik juga sebagai anti radang, memiliki efek hipotensif atau dapat menurunkan tekanan darah karena efek faktor diuretik.

Untuk ibu hamil pun ternyata dapat bermanfaat melancarkan persalinan.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Bukan hanya rasa yang lezat dan gurih berlemak, ternyata biji bunga matahari dapat membantu mengatasi masalah rasa lesu.

Pernah tidak saat lesu kita terus makan biji matahari, efeknya rasa lesu itu hilang? Jika belum, maka cobalah memakannya disaat lesu.

Meningkatkan nafsu makan atau mengatasi nafsu makan menurun. Selain itu biji matahari ini juga sebagai analgesik juga sama seperti bagian lainnya dari tanaman ini.

Anti disentri dan juga dapat membantu mengatasi campak.

Kemudian bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas metabolisme dalam tubuh, sebagai diuretik, dan juga anti oksidan alias mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Terakhir bisa membantu merangsang sekresi enzim dan hormon yang baik

Manfaat Daun Tanaman Bunga Matahari

Sama halnya seperti berbagai macam daun, daun bunga matahari pun memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat daun bunga matahari sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bagian lain.

Manfaat daun bunga matahari diantaranya sebagai zat anti radang, analgetik, dan juga mengatasi malaria dengan memberikan efek positif.

Itulah tadi filosofi dan mengenal sedikit tentang bunga matahari. Ternyata banyak sekali makna bunga matahari yang dapat kita petik.

Apakah Sahabat Biru salah satu pecinta bunga matahari?

%d blogger menyukai ini: