15 Hewan Purba yang Masih Hidup Hingga Sekarang

4 min read

hewan purba yang masih hidup

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Biru. Selamat pagi, siang, sore, malam, dimanapun Sahabat Biru berada semoga dalam keadaan sehat selalu. Apakah Sahabat Biru tau, ada beberapa Hewan Purba yang masih hidup di zaman ini.

Hewan purba adalah hewan yang hidup pada masa lampau dan sekarang kebanakan sudah punah. Biasanya hewan-hewan ini hanya dikenali dari sisa tulang belulangnya yang disebut  fosil.

Pada zaman ini hewan purbakala dianggap telah punah, tetapi ternyata ditemukan masih hidup, maka hewan ini disebut fosil hidup.

Berikut beberapa Hewan Purba yang masih hidup samapai saat ini:

Hourseshoe Crab

hewan purba yang masih hidup
pixabay

Hourseshoe Crab atau yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia, yaitu Kepiting Tapal Kuda. Hourseshoe Crab adalah salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Diperkirakan hewan ini sudah ada sejak 450 juta tahun yangg lalu.

Sampai sekarang hewan ini masih ada, walaupun sudah banyak mengalami evolusi. Tapi pada dasarnya bentuk dan fisiknya tidak banyak menglalami perubahan. Hal ini dapat dibuktikan dengan fosilnya yang pernah ditemukan.

Nautilus

hewan purba yang masih hidup-nautilius
pixabay

Hewan ini mirip keong, dan saat ini terancam punah. Meski mereka memiliki cangkang, hewan ini masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita.

Nautilus bisa memiliki 9 tentakel dan berdiameter 3 cm – 30cm, dan diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu. Dengan bentuk yang tidak banyak berubah sehingga hewan ini dianggap fosil hidup.

Tadpole Shrimp

hewan purba yang masih hidup-Tadpole shrimp
www.triopsking.co.uk

Tadpole Shrimp adalah hewan sejenis kecebong mirip udang. Diperkirakan hewan ini sudah ada sejak 70 juta tahun yang lalu, dan sudah masuk daftar hewan yang terancam kepunahannya.

Berdasarkan hasil temuan fosilnya, ternyata hewan ini berasal dari periode sebelum zaman dinasaurus. Selain itu evolusi juga tidak berlaku bagi hewan ini. Diketahui hewan ini tidak secara drastis mengubah bentuknya secara keseluruhan.

Platypus

hewan purba yang masih hidup-platypus
justfunfacts.com

Platypus adalah salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Hewan ini dianggap sebagai penghubung evolusi antara reptilian dan mamalia. Walaupun platypus bertelur, tetapi ia tergolong kedalam kelas mamalia, karena ia menyusui anaknya.

Platyopus juga sering dikenal sebagai platypus berparuh bebek. Disebabkan bentuk paruhnya yang berbentuk bebek. Diperkirakan hewan ini juga ada sejak ratusan juta tahun yang lalau

Sponge

hewan purba yang masih hidup-sponge
www.hipwee.com

Walaupun bentuknya seperti tumbuhan, sponge termasuk kedalam jenis binatang, Karena multiseluler heterotroph, tidak punya dinding sel dan menghasilkan sperma. Tidak seperti hewan lainnya, mereka tidak punya jaringan dan organ, serta tidak mempunyai kesimetrisan tubuh.

Sejauh ini para ahli masih mengalami kesulitan untuk menentukan berapa lama spesies ini menghuni bumi. Walaupun belum diketahui secara pasti, tapi spesies ini dianggap spesies tertua di dunia. Dimana perkiraan sementara sudah ada sejak 760 juta tahun yang lalu.

Hagfish

hewan purba yang masih hidup-Saw fish
fishesofaustralia.net.au

Menurut catatan sejarah fosil, hagfih sudah ada lebih dari 300 juta tahun. Bahkan mereka ada lebih dahulu dari pada dinosaurus. Ikan yang lebih sering disebut Belut Lendir ini sebenarnya menurut ilmuan bukan belut dan juga bukan ikan. Mereka adalah hewan yang sangat aneh dalam semua hal.

Disebut belut lendir, karena bisa mengeluarkan lendir yang mampu merusak insang ikan predator, jadi mereka hampir tak memiliki musuh alami.

Lancetfish

hewan purba yang masih hidup-Lancet Fish
www.insidescience.org

Lancet fish atau ikan pisau memiliki penampilan yang jelas prasejarah. Gigi di rahang dan layer di punggungnya yang tajam, mengingatkan kita kepada beberapa dinosaurus.

Nama ilmiahnya sendiripun masih berbau dinosaurus, yaitu Alepisaurus Ferox. Ikan ini bisa mencapai panjang tubuh 2 meter. predator ini ditemukan di semua daerah samudra, kecuali daerah kutub.

Saw Fish

hewan purba yang masih hidup-saw fish
unsplash.com

Hewan yang terancam punah ini dapat ditemukan di air asin atau di dalam sungai pedalaman hingga sejauh 100 km. Hiu ini memilki gergaji sebagai sebuah senjata dan alat sensorik. Meski biasanya tidak berbahaya, ikan ini dapat menjadi bencana jika diprovokasi.

Menurut catatan sejarah fosil, mungkin ikan ini merupakan makanan pokok dari dinosaurus karnivora terbesar. Karnivora terbesar itu adalah spinosaurus, karena tulang belakang ikan ini pernah ditemukan terjebak di antara gigi dinosaurus tersebut.

Buaya Bekatak

hewan purba yang masih hidup-Buaya Bekatak
www.dictio.id

Buaya sendiri diperkirakan telah hidup di bumi sejak 50 juta tahun yang lalu. Buaya bekatak atau buaya muara adalah salah satu spesies buaya terbesar di Dunia. Panjang tubuh serta ekor bisa sampai mencapai 12 meter, seperti yang pernah ditemukan di daerah Sangata, Kalimantan Timur.

Buaya masih mempunyai kerabat dekat dengan hewan reptile purba, Crocodilesaurus yaitu nenek moyang buaya yang memiliki panjang hampir 30 meter. namun karena pengaruh alam ukuran crocodilesaurus menyusut hingga menjadi buaya Muara.

Lamprey

hewan purba yang masih hidup-limprey
www.britannica.com

Secara sekilas, melihat hewan laut sejenis belut ini sangat mengerikan dengan gigi yang digunakan untuk menghisap darah ikan di sekitarnya. Dengan adanya gigi tersebut memungkinkan lamprey melekat dan memarut badan ikan lain.

Air ludahnya mengandung bahan kimia yang mamapu mencegah pembekuan darah. Hewan ini di perkirakan sudah ada sejak  360 juta tahun yang lalu, dan termasuk hewan purba yang masih hidup sampai saat ini.

Panda Merah

hewan purba yang masih hidup-Panda Merah
id.globalvoices.org

Pemilik nama latin Ailurus Fulgens  ini hidup di wilayah pegununga Himalaya antara India dan Nepal. Spesies ini memiliki tinggi badan sekitar 100 cm dengan bobot antara 3,5-7 kg. Selain sebagai hewan peliharaan panda merah juga banyak diburu untuk diambil bulunya.

Wajahnya yang menggemaskan dan lucu membuat salah satu industri film Amerika mengangkat ceritanya dalam Kungfu Panda.

Sturgeon

hewan purba yang masih hidup-sturgeon
pixabay

Berdasarkan penelitian hewan purba ini masih hidup sampai sekarang. Diketahui hewan ini sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu. Hewan ini dipercaya sudah berevolusi dengan lambat.

Sayangnya ikan yang termasuk ikan bertulang belakang ini sangat jarang ditemukan di alam bebas, Karena keberadaannya teranacam punah. Hal ini dikarenakan sturgeon menjadi objek utama para pemancing di dunia.

Salamander

hewan purba yang masih hidup-salamander
blog.helix.com

Binatang ini sudah ada sejak kurang lebih 170 juta tahun yang lalu. Salamander merupakan salah satu spesies amfibi terbesar di dunia. Tubuhnya bisa mencapai 6 kaki. Di Cina, hewan ini menjadi santapan yang lezat, dan beberapa bagian tubuhnya dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit

Hiu Goblin

hewan purba yang masih hidup-Hiu Goblin
satujam.com

Hiu goblin merupakan salah satu jenis hiu terlangka di dunia. Diyakini sebagai satu-satunya jenis hiu yang pernah hidup di zaman 120 juta tahun yang lalu. Dinamakan hiu goblin karena bentuknya yang jelek. Namun hewan ini tidak berbahaya.

Kadang-kadang hiu ini disebut dengan fosil hidup. Hewan berkulit merah muda ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong yang pipih memanjang. Rahangnya yang sangat protrusible dengan gigi seperti kuku yang menonjol keluar membuat hiu ini tidak enak untuk dilihat

Komodo

hewan purba yang masih hidup-komodo
pixabay

Komodo atau dalam bahasa latin disebut Varanus komodoensis merupakan kadal purba asli Indonesia. Persebaran hewan ini dapat ditemukan di provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Hilimotang, dan Hilidasami.

Di alam liar bobotnya bisa mencapai 70 kg dan di penangkaran bisa mencapai 110kg. komodo dapat berlari hingga 20 km/jam pada jarak pendek.

Tidak hanya cepat, penciuman komodo juga super tajam. Hidung komodo mampu mencium  bau darah dan daging sejauh 10 meter, sedangkan lidahnya dapat mendeteksi bau hingga jarak 11 km.

Sayangnya komodo yang menjadi salah satu hewan endemik Indonesia ini menjadi salah satu hewan terancam punah.

%d blogger menyukai ini: