[Terlengkap] Jenis Burung Kenari Berdasarkan Tipe Beserta Gambarnya

4 min read

jenis jenis kenari

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung penyanyi yang sangat banyak penggemarnya dari kalangan manapun.

Burung Kenari sendiri memiliki variasi warna yang beragam dan kombinasi warna yang unik. Suara burung Kenari sangatlah variatif dengan nada yang naik turun mempunyai ritme irama lagu yang sangat baik.

Burung kenari juga menjadi burung yang mendominasi dalam meramaikan pasar burung di tanah air ini.

Jenis burung kenari sangatlah banyak sekali, mulai dari jenis yang keturunan asli hingga jenis hasil persilangan. Berikut adalah jenis-jenis burung kenari

Asal-usul Burung Kenari

pulau canary
pixabay.com

Nenek moyang dari semua burung kenari yang ada sekarang merupakan generasi anak cucu kenari liar. Burung kenari liar tersebut  dapat ditemukan berkembang biak dengan bebas di Kepulauan Canary dan di daratan bagian timur laut Afrika.

Kenari bukanlah burung asli Kepulauan Canary, tetapi sengaja diperkenalkan sebagai burung kepulauan tersebut yaitu Pulau Canary.

Awalnya, ada sebuah kapal dengan sejumlah kandang sarat kenari karam dan hampir tenggelam di dekat sebuah pulau. Lalu seorang pelaut melepaskan burung-burung itu dengan maksud agar tidak mati tenggelam.

Banyak di antara burung tersebut mendarat ke pulau terdekat dan di sana mereka menemukan banyak makanan dan iklim yang cocok untuk berkembang biak.

Ketika bangsa Spanyol tahu mengenai burung kenari, mereka mulai menangkapi burung kenari dan menangkarkannya.

Kenari menjadi burung peliharaan yang bernilai dan sangat populer, terutama ketika varietas kenari kuning, cokelat dan merah dilahirkan.

Ciri-ciri Burung Kenari

ciri burung kenari
pixabay.com

Walaupun sama-sama jenis burung seperti kolibri dan walet, burung kenari juga memilki ciri khas yang memebedakannya dengan burung lain. Berikut ciri-ciri burung kenari:

Burung Petarung

Pada habitat aslinya kenari dikenal sebagai burung petarung. Kejantan dari burung ini dinilai dari Kicauannya yang indah dengan suara melengking.

Hal ini yang menjadi salah satu faktor pecinta burung berbondong-bondong ingin segera membawanya pulang untuk dipelihara.

Mudah Dijinakkan

Saking jinaknya burung kenari akan mulai berkicau keras apabila bertemu dengan pemiliknya.

Burung ini mudah untuk dijinakkan karena memang sebelumnya kenari ini pada umunya diperoleh dari penangkaran hewan ternak. Oleh karenanya kenari akan cepat mengenali pemiliknya dengan mengeluarkan kicauan merdu melengking.

Kejinakan ini salah satu kharakteristik burung kenari yang tidak akan kita temukan dari jenis burung yang lain.

Tidak Gampang Stress

Kharakteristik kenari yang ketiga yaitu tidak gampang stres. Burung ini tidak mudah stress walaupun kerap sering dipindah kandangkan, burung kenari tetap akan berkicau. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan kenari yang tidak dimiliki oleh burung lain.

Biasanya jenis burung lain akan mengalami stress jika dipindah kandangkan, akibatnya burung enggan untuk berkicau lagi.

Oleh karena itu, jangan heran jika Sahabat Biru kerap melihat burung kenari memenangkan berbagai jenis kontes kicau.

Mudah Beradaptasi

Sejatinya burung kenari adalah burung khas atau burung endemic dari Afrika dan Eropa. Namun karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus dipelihara.

Bentuk Telur

Bentuk dari telur jantan pada umumnya memiliki bentuk lonjong atau oval sedangkan kenari betina mempunyai bentuk agak bulat.

Bentuk Tubuh

Jika Sahabat Biru melihat kenari jantan, secara kasat mata bentuknya lebih langsing dan ramping dengan bentuk tubuh memanjang. Sedangkan kenari betina biasanya bentuknya bulat atau buntek.

Kicauan Kenari

Pada kenari jantan yang berumur kurang ± 1 bulan, biasanya akan terus mengoceh. Sedangkan kenari betina lebih banyak diam.

Burung Omnivora

Burung kenari adalah burung omnivora atau hewan pemakan segala, sama halnya dengan berbagai jenis ayam.

Kenari Postur

Burung Kenari ini yang memiliki keunggulan di dalam postur badan. Keunikan jenis ini adalah posturnya yang besar panjang, kecil mungil, sampai berbentuk seperti bola dan lain-lain. Berikut jenis kenari postur:

Kenari Norwich

burung-kenari-norwich
jualayamhias.com

Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun-penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol.

Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok, Inggris. Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Jenis burung kenari norwich ini merupakan burung kenari yang menarik.

Burung ini mempunyai bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek.

Burung ini yang memiliki warna hijau yang menarik Sekali. Burung ini juga jarang ada yang berwarna putih. Panjang enari norwich antara 15-16 cm.

Kenari Scotch Fancy

Kenari Scotch Fancy
nurfasta.com

Di kalangan penggemar burung di Inggris, burung ini dikenal dengan sebutan Bird O Circle. Hal itu dikarena formasi dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran.

Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari.

Keadaan yang tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer.

Burung Scotch memiliki kepala kecil, lebih bulat sedikit dan kepala burung kenari Belgia. Lehernya kecil dan panjang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat. Sayap dari burung ini panjang dan menempel kuat ke badan, kaki yang panjang kuat terpentang dengan baik.

Kenari Warna

Burung Kenari ini memiliki keunggulan dalam segi warna pada bulunya. Pada umumnya Kenari ini sengaja direkayasa secara genetik maupun secara fisiologis untuk menghasilkan warna bulu yang unik, kontras dan menarik. Contoh burung kenari warna:

Kenari Red

kenari merah
pixabay.com

Bulu pada burug kenari merah bukan murni berwarna merah, tapi lebih ke warna oranye. Tetap saja meski oranye, burung ini disebut kenari merah.

Kenari Yellow

kenari kuning
pixabay.com

Kuning adalah warna khas kenari. Disebut lokal kuning karena memiliki warna kuning terang dominan bercampur putih pada tubuhnya.

Kenari White

kenari putih
pixabay.com

Burung kenari lokal putih awalnya belum banyak diketahui orang-orang, tapi sekarang sudah banyak pecinta kenari yang membawa kenari lokal putih ke lapangan kontes.

Kenari Penyanyi

Burung Kenari jenis ini memiliki keunggulan dalam segi suara yang dikeluarkan dalam kicaunya. Suara kenari penyanyi amatlah merdu dengan naik turunnya nada, permainan speed nada.

Mampu menirukan nada-nada yang diperdengarkan adalah ciri khas burung Kenari ini. Berikut Contoh burung kenari jenis penyanyi:

Kenari Roller

Kenari-Roller
jalaksuren.net

Burung kenari roller ini tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari Jerman yang diternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz.

Di pegunungan ini kira-kira 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.

Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil. Lalu burung kenari dibiarkan untuk mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya seperti burung-burng yang pernah menjuarai perlombaan.

Tetapi saat ini orang-orang sudah menggunakan suara burung lewat perekam suara seperti recorder.

Kenari American Singer

kenari american singer
bintangwengi.blogspot.com

American singer canary merupakan hasil persilangan kenari border dengan kenari roller. Kenari border sendiri terkenal dengan penampilannya yang indah dan kenari roller mempunyai bunyi yang merdu.

Tak heran kalau kedua kenari tersebut dikawin silangkan maka menghasilkan keturunan yang sangat istimewa. Burung ini mempunyai bunyi kicauan yang merdu dengan penampilan yang indah pula.

Kenari Waterslager

kenari-waterslager
omkicau.com

Waterslager canary ialah kenari penyanyi yang identik dengan suaranya yang khas mirip gemiricik air, bell dan bunyi seruling. Kenari ini dikembangkan dengan tujuan menghasilkan kicauan yang sangat merdu dengan sedikit mengabaikan bentuk fisik dan warna.

Namun burung ini umumnya kurang bersosial, walau begitu banyak kenari mania yang ingin mempunyai kenari satu ini. Alasannya ialah kepiawannya berkicau mirip bunyi gemericik air, karena ialah itulah burung ini disebut waterslager.

Kenari Spanish Timbrado

kenari spanish timbrado
jalaksuren.net

Spanish timbrado canary ialah jenis terbaru yang masuk dalam kategori kenari penyanyi. Burung ini dikembangkan di Spanyol pada tahun 1940-an dan 1950-an.

Kenari ini merupakan hasil persilangan antara kenari liar dengan kenari Rusia sehingga mirip kenari liar namun mempunyai kicauan yang baik dan istimewa.

Memang kenari ini dikembangkan dengan tujuanagar mempunyai kemampuan berkicau yang sangat baik dengan mengabaikan penampilan fisik dan warna bulunya.

Kenari Hybrid

burung kenari hybird
omkicau.com

Burung jenis ini bisa disebut juga dengan Custom Canary yaitu hasil persilangan Kenari dengan burung Finch lain yang dirancang berdasarkan keinginan dari breedernya.

Umumnya Kenari hybrid adalah persilangan dari jenis kenari yang dianggap unggul dalam hal tertentu dengan burung keluarga Finch.

%d blogger menyukai ini: