[Terlengkap] 7 Minuman Khas Riau Dengan Nama-nama Unik

5 min read

Minuman khas riau

Provinsi Riau adalah salah satu daerah di Inodnesia yang memiliki makanan dan minuman yang khas selain kerajaan Islamnya yang tersohor. Bukan hanya itu saja, bahkan masyarakat Riau sering memberi nama pada minumannya dengan nama-nama yang istimewa dan lucu.

Selain memiliki nama-nama yang unik, rasa yang disajikan juga tidak kalah uniknya. Ada beberapa minum yang mungkin belum pernah kita coba. Minuman-minuman unik itu bisa menambah daftar kuliner Sahabat Biru.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang minuman-minuma khas Riau yang tidak boleh Sahabat Biru lewatkan ketika berkunjung ke Provinsi Riau.

Es Laksamana Mengamuk

es laksamana mengamuk
sajiansedap.grid.id

Mungkin ketika Sahabat Biru mendengar nama minuman ini dibuat penasaran olehnya. Pasalanya nama yang diberikan sangat unik. Apakah pembuat minuman khas Riau ini seorang laksamana? Atau si pembuatnya mengamuk ketika menyajikan minuman ini?

Tapi tidak seperti namanya, ketika kita meminum minuman yang segar ini, kita dibuat tenang dan jauh dari rasa “murka”.

Bahan utama dari minuman khas Riau ini adalah buah kuini. Selain menggunakan isi buah kuini yang matang dan harum, es ini dicampur dengan santan segar, serutan es batu, dan sedikit susu kental.

Buah kuini ini adalah buah sejenis mangga tapi masih berkerabat dengan bacang. Harum buah kuini dan kelembutan dagingnya lah yang membuat minuman es ini khas dan berbeda dengan minuma segar lainnya.

Kadang, jika buah kuini sulit untuk didapat, kita bisa menggatinya dengan buah mangga yang masak. Walaupun sedikit berbebda, namun cita rasanya akan tetap segar karena mangga yang digunakan mangga setengah matang segar.

 Es Air Mata Pengantin

es-air-mata-pengantin_
style.tribunnews.com

Pernah mendengar nama minuman Es Air Mata Pengantin?

Lantas apa kaitannya minuman ini dengan Air Mata Pengantin?

Es Air Mata Pengantin adalah salah satu minuman khas Indonesia yang berasal dari Riau. Arti dari minuman ini tidaklah jauh dari namanya. Konon katanya es air mata pengantin ini disajikan ketika ada acara pernikahan ataupun acara lainnya yang mengandung kebahagiaan.

Sehingga orang-orang mengartikan minuman ini sebagai simbol dari air mata kebahagiaan.

Saya akan memberikan sedikit cara untuk membuat Es Air Mata Pengantin. Berikut bahan-bahan dan langkahnya:

  • Siapkan agar-agar putih sebanyak 175 ml .
  • Sirup coco pandan.
  • Biji selasih 15 gram.
  • Gula 100 gram.
  • Bahan pewarna (warna kuning, merah, dan hijau).
  • Air 600 ml.
  • Es serut sesuai yang diinginkan.

Langkah-langkah untuk membuat es air mata pengantin :

  1. Siapkan panci terlebih dahulu untuk mencampurkan bahan agar-agar, gula, dan air, rebuskan hingga mendidih.
  2. Angkat rebusan bahan agar-agar tersebut lalu bagi menjadi beberapa bagian.
  3. Masukkan bahan pewarna pada setiap bagian agar-agar, aduk hingga tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan bahan yang sudah diberi pewarna tersebut kedalam lemari es, diamkan hingga beku.
  5. Setelah itu bahan yang sudah beku lalu diserut dengan posisi memanjang dengan dimasukkan kedalam gelas saji.
  6. Tambahkan sirup, biji selasih, dan es serut kedalamnya. Minuman es air mata pengantin siap dinikmati.

Selain memiliki nama dan tampilan yang unik, minuma khas Riau ini juga sangat diminati masyarakat setempat dan para pelancong. Minuman ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai minuman penutup setelah Sahabat Biru menyantap hidangan utama.

Es Sirup Mak Inang

es sirup mak inang minuman khas riau
pixabay.com

Minuman khas Riau selanjutnya adalah es sirup mak inang. Kesegaran minuman ini tidaklah diragukan lagi, karena bahan utama dari es ini adalah buah nanas.

Buah nanas adalah satu jenis buas tropis yang rasanya manis dan sedikit asam. Cara pembuatan es ini adalah dengan mengolah buah nanas, yang diiris lalu dimasak dengan air hingga mendidih.

Agar lebih lengkap, tambahkan juga irisan buah apel, agar-agar, sirup jeruk, gula, selasih, dan jangan lupakan es batu. minuma segar ini sangat cocok diminum di siang hari dan diiringi alunan musik dari alat musik khas Riau.

Air Tebu Nostalgia

air tebu nostalgia
salingamanah.com

Minuman khas Riau dengan nama unik lainnya adalah air tebu nostalgia. Tebu adalah jenis tanaman yang sangat kita kenal karena sebagai bahan baku utama dalam membuat gula.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis seperti Negara kita yang tercinta ini, dan banyak dibudidayakan di Jawa dan Sumatera.

Dalam memanfaatkan tanaman tebu yang paling utama adalah pada bagian batangnya yang digunakan untuk membuat gula tersebut. Selain itu daun tebu yang telah dikeringkan juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar untuk memasak supaya lebih hemat.

Nah, selain menjadi bahan utama pembuatan gula, tebu juga bisa diambil air perasan dalam batangnya. Air perasan tersebut dinamakan “es tebu”. Rasa es ini sangatlah menyegarkan karena menggunakan pemanis alami.

Minuman ini mungkin bisa dibilang menjadi salah satu trend minuman tradisional masa kini yang banyak disukai oleh masyarakat,

Kita tahu bahwa jika kita menghisap batang tebu secara langsung, rasanya sudah cukup manis. Jadi bahan-bahan untuk pembuatan es ini tidaklah susah.

Hanya ada satu hal yang sulit dalam pembuatan ini, yaitu proses pemerasan batang tebu dan pengambilan airnya. Pasalnya proses tersebut memerlukan mesin khusus untuk pemerasan batang tebu, karena jika dilakaukan secara manual akan sangat sulit.

Sekarang apa perbedaan antara es tebu biasa dengan air tebu nostalgia?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok, karena bahan utama sama- sama terbuat dari tebu. Hal yang membedakannya hanyalah beberapa tambahan campuran dan nama itu sendiri.

Tambahan yang dimasukkan ke dalam air tebu nostalgia adalah jahe, kacang tanah, dan kelapa muda. Lalu arti dari minuman air tebu nostalgia adalah agar setiap orang yang meminumnya merasa bernostalgia dengan rasanya.

Kopi Hawaii Minuman Khas Riau

kopi hawaii minuman khas riau
pixabay.com

Sebuah citarasa minuman lokal dari pulau Bintan. Meski menggunakan nama sebuah Kota di Luar Negeri namun baik pemilik dan peramu berasal dari Masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, kopi yang dibuat pun asli dari kopi lokal yang diramu sedemikian mungkin sehingga menghasilkan citarasa tersendiri dan tanpa ampas.

Kopi Hawaii ini mampu menyaingi Kopi-kopi Impor. Hal ini dilihat dari ramainya pengunjung setiap harinya yang mencoba sekedar mencicipi atau yang sudah menjadi langganan.

Ada hal yang unik pada kopi Hawaii ini, yaitu cara membungkus untuk pembeli yang ingin membeli dibawa pulang. Penjual kopi membungkusnya dengan menggunakan kaleng bekas susu dan botol bekas sirup yang sudah dibersihkan.

Menurut penjual kenapa dengan hal ini, agar rasa dan aroma dari Kopi Hawaii ini tidak berkurang saat diminum setelah sampai  dirumah. Jika menggunakan plastik katanya akan mengurangi citarasanya.

Es Samudra

es samudera
makassar.tribunnews.com

Riau tidak habis-habisnya menyimpan nama minuman yang unik, kali ini yang selanjutnya ialah es samudra. Bukan namanya saja yang unik, tapi rasanya tidak kalah uniknya.

Minuman yang satu ini terbuat dari rumput laut, santan, dan durian, lalu ditambahkan dengan gula pasir, garam, sirup dan roti tawar.

Berikut adalah cara membuat Es Samudra.

Bahan yang harus disiapkan:

  • 1 bungkus rumput laut
  • 1/2 liter santan
  • 1 buah durian
  • 100 gram gula
  • 1 sdt garam
  • susu kental manis
  • sirop coco pandan secukupnya
  • 4 iris roti tawar potong petak
  • es batu
  • roti tawar

Setelah bahan untuk membuat es samudra sudah siap, langsung ke proses pembuatannya:

  • Potong rumput laut yang sebelumnya sudah direndam selama satu hari.
  • Santan, garam, dan daging durian dimasak sampai mendidih sambil diaduk.
  • Siapkan beberapa gelas, masukkan es batu sebanyak 4-5 potong ke dalam gela-gelas tersebut.
  • Tambahkan rumput laut yang sudah dipotong sebanyak 3 sendok.
  • Tambahkan roti tawar yang sudah dipotong, lalu siram dengan santan sebanyak 8 sendok, sirup 3 sendok, dan susu 1 sendok.

Jus Telaga Tiga Warna

jus telaga tiga warna
lifestyle.okezone.com

Jika biasanya jus kebanyakan hanya memiliki satu warna saja, di tanah Riau ini Sahabat Biru bisa menemukan minuman cantik yang memiliki 3 warna.

Minuman ini disusun dari mulai dari warna merah,, hijau, dan kuning, bagusnya minuman segar ini tidaklah mudah tercampur.

Nama dari minuman ini terinspirasi dari cerita rakyat telaga tiga warna yang ada di daerah Riau.

Es Lancang Kuning

Es Lancang Kuning
youtebe.com

Minuman khas Riau selanjutanya adalah es lancang kuning. Bahan dasar dari minuman ini cukuplah sederhana, yaitu hanya buah mangga matang sebagai bahan utamanya.

Caranya pun bisa dibilang cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama bagi dua buah mangga lalu potong buah mangga menjadi kotak-kotak kecil.
  • Sisa dari buah mangga tadi dibuatkan jus.
  • Sahabat Biru juga bisa menggunakan buah mangga yang disajikan sebagai jusnya.
  • Saat diblender jangan lupa tambahkan gula dan susu.
  • Setelah jus mangga jadi, masukkan potongan mangga yang sudah dipotong.
  • Masukkan juga nata de coco agar lebih lezat.

Sebenarnya Masih banyak kuliner khas Riau yang bisa Sahabat Biru coba saat berwisata di Riau.

Namun pada artikel ini, cukup membahas beberapa minuman khas Riau yang terkenal yang bisa Sahabat Biru jadikan referensi saat mencari kuliner di Riau.

Dari semua minuman khas Riau tentu saja akan membuat Sahabat Biru jadi penasaran ingin mencobanya.

Namun jika Sahabat Biru tidak pernah atau tidak bisa berwisata di Provinsi Riau, Sahabat Biru juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

%d blogger menyukai ini: