Perjalanan Menuju SINTESA 10

3 min read

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Biru. Selamat pagi, siang, sore, malam, dimanapun Sahabat Biru berada semoga dalam keadaan sehat selalu.

Disini saya akan sedikit menceritakan tentang perjalanan saya menuju pesantren SINTESA. Perjalanan di sini bukan hanya perjalanan perpindahan tempat dari satu titik ke titik lain. Tetapi perjalanan di sini menceritakan juga perjuangan dan usaha saya sampai bisa  diterima di Pondok Pesantren Sintesa.

“APA ITU SINTESA?”

Sintesa adalah sebuah pondok pesantren modern yang berfokuskan pada menghafal Al Qur’an dan Bisnis Online. Sintesa ini berlokasi di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Sintesa memiliki beberapa macam kelas. Seperti, Kelas Akademik Ikhwan, Kelas Akademik Akhwat, High School, DLL. Dan saya mendaftar di kelas Sintsa Akademik.

 

Asal Mula Tau Tentang Sintesa

Source : Pixabay

Oke saya mulai dari awal saya tau informasi tentang Pesantren Sintesa. Saya tau Pesantren Sintesa ini dari teman ayah saya. Awalnya teman ayah saya ingin mendaftarkan putrinya di  Pesantren Sintesa ini. Tapi sayang pada saat itu Sintesa belum menerima pendaftaran untuk santriwati.

Pada saat itu masih tahun 2018 dan memang Sintesa belum membuka pendaftaran untuk Akhwat. Jadi teman ayah saya merekomendasikan Sintesa kepada saya.

 

Bingung Melanjutkan Pendidikan

Source : Pixabay

Pada tahun 2019 alhamdulillah saya lulus dari SMA NEGERI 1 Kota Sukabumi. Setelah lulus sebenarnya saya bingung mau melanjutkan pendidikan ke mana. Saya berfikir jika saya melanjutkan kuliah di luar kota akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Walaupun saya tau orang tua saya sanggup membiayai kuliah saya. Tapi saya takut tidak bisa memberikan hasil yang baik dari pendidikan kuliah di luar kota. Jadi saya memutuskan kuliah di kota Sukabumi, kota kelahiran saya.

Saya berencana kuliah di perguruan tinggi swasata, yang katanya perguruan tinggi termurah di Kota Sukabumi . saya memutuskan kuliah di sana karena biayanya murah jadi insyaallah saya bisa menanggung biayanya.

Tapi, ayah saya sedikit malu jika saya kuliah di kota Sukabumi . saya tidak tahu ini takdir atau apa, tapi ketika saya disuruh melanjutkan pendidikan di luar kota oleh ayah saya. Teman ayah saya yang tadi menyarankan saya untuk melanjutkan pendidikan di Sintesa.

Pertama saya agak sedikit ragu karena tempat nya yang cukup jauh, yaitu di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Memang saya belum pernah hidup jauh dengan orang tua sebelumnya.

Tapi  mungkin ini satu-satunya harapan saya agar bisa membanggakan orangtua saya, jadi insyaallah saya siap. Lalu saya cari informasi tentang Sintesa di Instagram, Facebook, dan bertanya kepada orang-orang.

 

Proses Pendaftaran

Setelah saya mendapat informasi tentang sintesa. Ternyata sintesa adalah pesantren modern dan berbeda dari pesantren biasa. Saya menjadi sangat semangat untuk mendaftar.

Ini kali pertama saya memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu. Ketika melakukan proses pendaftaran saya cukup kaget  karena melihat tidak ada tanggal lahir saya, maksudnya usia saya belum cukup untuk mendaftar di Sintesa.

Karena pada saat itu pendaftaran dibuka tanggal 1 juli – 30 juli. Sedangkan saya lahir pada tanggal 27 juli. Keesokan harinya saya coba hubungi kontak yang tertera di web Sintesa.

Panitia yang saya hubungi memberi saya saran. “Coba bulan nya pilih bulan juni. Nanti ketika diwawancara jelaskan apa yang terjadi” Sarannya. Ketika saya mau melakukan nya Alhamdulillah ada pilihan bulan juli.

Setelah mengisi format tanggal lahir saya melihat persyaratan yang mengatakan harus membuat vlog. Pertama saya malu melakukan nya karena memang karakteristik saya pemalu.

Tapi untuk  saat itu saya tidak peduli hal itu. Hal yang saya fikirkan adalah bisa diterima di Sintesa dan bisa membanggakan orang tua. Jadi saya melawan rasa malu itu. Dan menyelesaikan vlog nya dengan lancar.

LINK VLOG

https://youtu.be/fsMW3lkDe3c

Source : YouTube

Setelah semua persyaratan pendaftaran sudah terpenuhi. Saya hanya bisa berdo’a dan terus berdo’a. sambil berharap mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hari pengumumanpun telah tiba yaitu pada tanggal 5 agustus. Saya buka web Sintesa dengan tangan yang bergetar. mulut yang terus bedoa. Dan  hati yang tak berhenti  berharap.

ALHAMDULILLAH……

Saya diterima sebagai calon santri di Sintesa. Tak berlama-lama lagi saya langsung mempersiapkan. Persiapan yang harus saya bawa ke Sintesa. Mulai dari laptop hingga pakaian sehari-hari saya langsung persiapkan.

 

Saya Pamit

Setelah semua persyaran dan keperluan sehari-hari sudah selesai disiapkan. Lalu saya pamit ke orang-orang terdekat saya. Pertama saya pamit ke keluaga terdekat saya. Sepeti kakek, nenek, paman, bibi, dan sepupu-sepupu saya.

Kenapa saya tidak pamit kepada orang tua saya terlebih dahulu. Karena orang tua saya mengantarkan saya sampai Sintesa .

Kedua saya pamit ke tetangga-tetangga saya. Alhamdulillah tetangga saya semuanya mendoakan hal-hal yang baik kepada saya. Saya cukup senang memiliki tetangga seperti mereka.

Ketiaga saya pamit kepada teman-teman saya. Dan saya meminta maafk kepada mereka jikalau saya memiliki salah dan pernah berperilaku kurang baik.

Keempat saya pamit ke guru-guru saya yang pernah mendidik saya. Dari orang yang tidak memiliki pengetahuan hingga menjadi orang yang diterima di Sintesa ini. Dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap mereka.

 

Berjam-Jam Di Perjalanan

Source : pixabay

Setelah saya pamit ke orang-orang di terdekat saya. Saya langsung melakukan perjalanan  menggunakan mobil pribadi yang dikemudikan oleh paman saya.

Saya mulai berangkat pada pukul 17.00 WIB tanggal 13 agustus. Setelah satu jam di perjalanan kita istirahat untuk salat magrib dan membeli beberapa bekal.

Jam 18.30 WIB kita melanjutkan perjalanan. Kita melanjutkan perjalanan selama 3 jam. jadi kita salat isya jam setengah 10 di salah satu rest area di Jawa Barat.

Setelah salat isya kita lanjut sampai waktu shalat subuh dating. Dan saya tertidur selama di perjalanan. ketika saya terlelap di tengah malam tiba-tiba ban mobil kita meledak. Terpaksa kita harus menepi dan memperbaiki ban mobil.

Ban mobil  pun selesai diperbaiki. Kita melanjutkan perjalanan. Hujan menemani perjlanan kita. Waktu salat subuh pun tiba,  kita beristirahat di salah satu Rest Area Tol Km 379 A Kabupaten Batang. Kita di sana diam untuk shalat subuh dan sarapan.

Sarapan pun selesai, kita melanjutkan perjalan hingga Kota Magetan. Lalau kita memasuki Kabupaten Magetan. Kita pun mulai mengikuti arahan Google Map. Dan setelah mengikuti arahan Google Map kita sampai tujuan. kita sampai pada pukul 14.30 WIB tanggal 14 agustus. Jadi lama perjalanan sekitar kurang lebih 22 jam

DAN TERNYATA……!!!

Kita salah tujuan. Kita malah menuju Sintesa High School. Jadi kita putar balik dan bertanya-tanya pada warga. Alhamdulillah warga memberikan araha yang benar. Dan akhirnya kita sampai tujuan.

disana saya mengobrol sebentar dengan keluarga dan akhirnya malakukan perpisahan. Saya tidak mengucapkan “Selamat tinggal” tapi yang saya ucapkan adalah “Sampai berjumpa kembali” karena saya tau perpisahan ini hanyalah sementara.


Aku pergi jauh

Jauh sampai terengkuh

Terengkuh rindu-rindu

Rindu pada rumah ibu

Jiwa yang usang

Memaksaku untuk pulang

Namun aku harus riang

Karena mimpi yang meradang

  • LYNKSAL

 

 

%d blogger menyukai ini: