Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

4 min read

persebaran flora dan fauna di indonesia

Persebaran Flora Dan Fauna Di IndonesiaAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Biru. Selamat pagi, siang, sore, malam, dimanapun Sahabat Biru berada semoga dalam keadaan sehat selalu.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dan memiliki keragaman flora serta fauna yang sangat besar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia bersamaan dengan Brasil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika.

Berdasarkan data dari Departemen Kehutanan dan Perkebunan, pada tahun 1999 jumlah tumbuhan di Indonesia mecapai  8.000 spesies yang teridentifikasi. Sedangkan jumlah spesies hewan mencapai 2.215 spesies. Spesies hewan terdiri dari 515 mamalia, 60 reptil , 1.519 burung, dan 121 kupu-kupu.

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora Dan Fauna

Seluruh wilayah muka bumi dapat dihuni oleh makhluk hidup. Menurut hasil penelitian kondisi fisiki wilayah, diperkirakan hanya sekitar 1/550 bagian muka bumi yang berpotensi sebagai lingkungan hidup.

Beberapa faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di muka bumi adalah lingkungan, abiotik, biotik, serta sejarah geologinya. Adapun factor yang menyebabkan perbedaan flora dan fauna di permukaan bumi adalah sebagai berikut:

Iklim

Setiap spesies hewan ataupun tumbuhan habitatnya berbeda sehingga iklim menjadi faktor penentu pertumbuhan suatu makhluk hidup. suhu di setiap tempat di permukaan bumi ini tidaklah sama. Hal ini dikarenakan  adanya perbedaan intensitas penyinaran matahari.

Jenis tumbuhan ataupun hewan tertentu mempunyai toleransi spesies terhadap suhu. Artinya mereka mempunyai persyaratan suhu lingkungan  yang ideal bagi kehidupan dalam batas suhu minimal dan maksimal.

Berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya, dunia tumbuhan dikelompokan menjadi berikut:

  1. Xerophyta, adalah tumbuhan yang sangat tahan terhadap lingkungan yang kering. Contohnya Kaktus.
  2. Mesophyta, adalah tumbuhan yang sangat cocok hidup di lingkungan yang lembab. Contohnya Anggrek dan Cendawan.
  3. Hygrophyta, adalah tumbuhan yang sangat cocok hidup di lingkungan yang basah. Contohnya Eceng Gondok dan Teratai
  4. Tropophyta, adalah tumbuhan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan musim kemarau dan penghujan.

Angin

Banyak tumbuhan yang proses penyerbukannya dibantu oleh angin (anemogami) dan proses penyebarannya juga dibantu oleh angin (anemokori). Contoh: padi penyerbukannya oleh angina dan mahoni penyebarannya oleh angin.

Curah Hujan

Banyak sedikitnya curah hujan akan menentukan  formasi vegetasi di muka bumi, sekaligus mempengaruhi  hewan yang khas pada lingkungan  vegetasi tertentu. Contoh: padang rumput dengan dengan hewan khas biri-biri dan sapi.

Kondisi Fisik Muka Bumi

Kondisi fisik yang dimaksud dapat berupa  laut ,gurun, pegunungan, dsb, yang dapat menjadi perantara . tetapi hal ini juga bisa menjadi perintang  terjadinya perpindahan flora dan fauna.

Realif merupakan tinggi rendahnya permukaan bumi. Realif muka bumi sangat mempengaruhi pola penyinaran matahari. Semakin tinggi permukaan suhu udara akan semakin rendah. Relaif juga mempengaruhi keberadaan flora dan fauna.

Adaptasi

Flora dan dauna dapat berdapatasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Seleksi Alam

Di alam, berlaku ketentuan bahwa yang kuat adalah yang menang. Oleh karena itu, binatang akan berusaha menghidari dan bersembunyi dari predator untuk bertahan hidup. contoh: capung berwarna kusam lebih banyak dari pada yang cerah, karena terlihar samar dari predatornya.

Makanan

Beberapa jenis hewan hanya terdapat di daerah tertentu karena hanya di daerah tersebut terdapat makanannya.

Persekutuan Hidup

Beberapa jenis flora dan fauna membentuk persekutuan hidup baik secara simbiosis mutualisme, komensalisme, ataupun parasitisme.

Manusia

Manusia adalah  faktor yang sangat menentukan terhadap proses penyebaran flora dan fauna di muka bumi. Tetapi keterlibatannya yang paling baru setelah zaman penjelajahan dimulai. Aktivitas manusia ada yang menambah bahkan mengurangi jumlah flora dan fauna.

Keadaan Tanah

Keadaan tanah di suatu wilayah sanagat mempengaruhi jenis tumbuhan yang dapat hidup. tanah yang subur dapat ditumbuhi oleh bermacam-macam tumbuhan. Berbeda dengan tanah  yang kurang subur, hal itu membuat tumbuhan sulit berkembang bahkan tidak bisa ditanami tumbuhan.

Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

peta persebaran flora dan fauna indonesia
mediapelajarindonesia.wordpress.com

Persebaran flora dan fauna di Indonesia secara umum dibagi menjadi tiga wilayah utama, yaitu wilayah Indonesia timur, Indonesia tengah , dan Indonesia barat. Akibat letaknya secara geomorfologi, Indonesia memiliki beragaman flora dan fauna yang cukup besar.

Bagian barat Indonesia dekat dengan benua Asia, sehingga flora dan faunanya juga mirip dengan flora dan  fauna di Asia.

Adapun  untuk Indonesia bagain timur yang dekat dengan Australia, flora fauna nya juga mirip dengan flora fauna di Australia.

Indonesia tengah ini merupakan daerah peralihan antara Indonesia barat dan Indonesia timur. Itu menyebabkan  di daerah ini memiliki ciri khas  sendiri untuk jenis flora dan faunanya.

Persebaran Flora Di Indonesia

peta flora indonesia
geogreenphy.wordpress.com

Persebaran flora di Indonesia terbentuk karena adanya peristiwa pada masa pencairan es (zaman glasial). Pada saat itu terjadi pencairan es besar-besaran yang menyebabkan daerah yang dangkal jadi terendam oleh air.

Beberapa wilayah perairan baru yang terbentuk di Indonesia adalah Laut Jawa yang terdapat  di daearah Dangakalan Sunda. Flora yang semula dapat dengan bebas berimigrasi akhirnya terhambat oleh berubahan kondisi geologis tersebut.

Jenis tumbuhan yang tersebar di wilayah Indonesia meliputi Hutan Tropis, Hutan Musim, Hutan Pegunungan, Hutan Bakau,  dan Sabana Tropis. Persebaran flora di wilayah Indonesia itu sendiri terbagi kedalam empat kelompok besar di wilayah Indonesia.

4 Kelompok Besar Persebarah Flora Di Wilayah Indonesia

1. Wilayah sumatra-kalimantan

Rafflesia Armnoldi
pegipegi.com

Tersebar di pulau Sumatra dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Contoh  flora khas yang tumbuh adalah bunga Bangkai (Rafflesia Armnoldi).

2. Wilayah flora jawa-bali

pohon burahol
hargabulanini.com

tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali, dan kepulauan-kepulauan kecil sekitarnya. Contoh flora lhas yang tumbuh adalah pohon Burahol (Kepel).

3. Wilayah flora kepulauan Wallace

pohon Sagu
niadi.net

Tersebar di pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Contoh flora yang tumbuh adalah pohon Sagu.

4. Wilayah flora papua

Daun Eucalyptus
healthline.com

Meliputi wilayah pulau  papua dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Contoh flora yang tumbuh adalah Eucalyptus, sama dengan jenis tumbuhan yang tumbuh di daearah Queensland, Australia Utara.

 

Persebaran fauna di Indonesia

peta fauna di indonesia
borneochannel.com

Persebaran fauna di Indonesia juga dibagi menjadi tiga bagian, wilayah Indonesia  bagian barat, tmur, dan tengah. Ketiga wilayah ini dibatasi oleh garis Wallace di bagian barat dan Weber di bagian timur.

3 Daerah Persebaran Fauna Di Indonesia

1. Indonesia Bagian Barat

Siamang
Pixabay

Persebaran hewan di bagian barat Indonesia meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Fauna yang hidup di wilayah ini antara lain :

  • Mamalia: Gajah, Badak Bercula Satu, Tapir, Rusa, Banteng, Kerbau, Monyet, Orang Utang, Macan, Tikus, Bajing, Kijang, Kelelawar, Landak, Babi Hutan, Serta Harimau.
  • Reptil: Buaya, Kura-Kura, Kadal, Ular, Tokek, Biawak, dan Bunglon.
  • Burung: Burung Hantu, Elang, Jalak, Merak, Kutilang, serta macam-macam unggas.

Hewan khas dari Indonesia barat adalah Siamang, yaitu kera hitam yang tak berekor dan Ikan Pesut di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Fauna-fauna tersebut sebagian besar mirip dengan  fauna yang terdapat di Benua Asia.

2. Indonesia bagian Tengah

Anoa
Pixabay

Persebaran hewan di bagian tengah Indonesia meliputi Pulau Sulawesi dan di kepulauan sekitarnya. Jenis fauna yang ada antara lain:

  • Mamalia: Anoa, Babi Rusa, Ikan Duyung, Kuskus, Monyet Hitam, Tarsius, Monyet Seba, Kuda, dan Sapi.
  • Reptil: Buaya, Komodo, dan Biawak.
  • Amfibi: Katak Pohon, Katak Terbang, dan Katak Air.
  • Burung: Burung Rangkong, Kakak Tua, Raja Udang, Mandar, Maleo, Merpati, dan Nuri.

Di kawasan ini terdapat hewan khas yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Salah satu hewan khasnya adalah Anoa di Sulawesi, babi rusa di Sulawesi dan Maluku Barat, dan masih banyak hewan khas yang hanya ada di Indonesia.

3. Indonesia bagian Timur

cenderawasih
arah.com

Persebaran hewan di bagian timur Indonesia meliputi wilayah papua dan pulau-pulau sekitanya. Fauna di daerah ini antara lain:

  • Mamalia: Kangguru dan Kuskus.
  • Reptil: Buaya, Biawak, Ular, Kadal, dan Kura-Kura.
  • Amfibi: Katak Pohon, Katak Terbang, dan Katak Air.
  • Burung: Nuri, Raja Udang, Cenderawasih, Kasuari, dan Namundur.

kita bisa melihat betapa bayak dan beragamnya flora dan fauna yang tersebar di Indonesia. kita sebagai warga negara Indonesia dan sesama makhluk hidup, harus saling menjaga dan melestarikannya. jangan karena nafsu sementara, kita malah merusak alam kita.

“SAVE THE WORLD, SAVE YOUR LIFE”

%d blogger menyukai ini: